Minggu, 12 Agustus 2018

[BLOGTOUR] Bincang Ringan Bersama Happy Rose - Penulis Sea You Soon

Sea You Soon Blog Tour - Part 1


Alohaaa semua. Happy Sunday semua.. Apa yang akan kamu lakukan di hari Minggu ini? Pergi beribadah ke gereja bagi teman-teman yang nasrani? Rehat total di rumah atau kumpul bersama orang-orang tersayang? Atau pergi berlibur ke pantai?

Bicara soal pantai, aku mau mengajak kalian berkenalan dengan novel yang berbau pantai dan pria tampan. Uh la la..



Yuhuu.. Ada novel Sea You Soon yang siap hadir menemani kalian dengan nuansa pantai, selancar, dan T-Rex. Loh kok ada T-Rex? Sebelum aku bahas, mending kita kenalan dulu yuk sama penulis dari novel kece ini, yakni Kak Happy Rose. 




Kak Happy Rose lahir di Surabaya dan kini menetap di kota Malang, dan hari-harinya berkutat seputar anak-anak dan bahasa. Kakak cantik satu ini sedang semangat-semangatnya belajar bahasa Rusia loh karena jatuh cinta dengan satu kata Rusia 'Spasiba' yang artinya terima kasih.

Kalian bisa menghubungi Kak Happy Rose lewat email khatarose99@gmail.com . Kalian bisa intip akun Instagram Kak Happy Rose di akun @happy.rose9 . Psst, ilustrasi di dalam novel Sea You Soon, juga hasil karya kak Happy Rose lohhh dan cantik sekaliiiii. Kalau gak percaya, boleh deh intip IG Kak Happy Rose, ilustrasinya bikin sirik aku yang gak bisa gambar. Sirik karena aku gak bisa gambar. Hiks Hikss.. *Perbuatan tidak baik, mohon jangan ditiru. Sirik tanda tak mampu. Buahaahhaah..*

Oh ya, aku dapat kesempatan untuk kepo sedikit sama kak Happy Rose. Berikut cuplikan wawancara aku sama kak Happy Rose.

1.  Apa inspirasi yang melandasi kakak untuk menulis Sea You Soon?
Inspirasi utamanya adalah saya bisa berhasil menulis panjang untuk satu naskah utuh. Sesederhana itu, sekaligus serumit itu :)
2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merampungkan novel ini dan kesulitan yang dihadapi saat menulis novel ini?
Total waktu mulai dari perencanaan sampai menuliskan kata TAMAT di naskah adalah sekitar 5 bulan. Kesulitan utamanya adalah saya yang bagai alien di dunia surfing. Researchnya bikin kurus kuota internet :D
3. Salah satu karakter di sini memiliki nama panggilan T-Rex. Alasan di balik pemilihan panggilan nama tersebut kenapa, kak? Kenapa enggak panggilan lainnya?
Alasannya simple sekali! Itu karena Hito punya tas punggung kecil bergambar T-Rex hijau, dan tas itu dipakainya saat pertama kali dia dan Kal bertemu. Kenapa nggak panggilan lainnya? Seperti yang kita tahu, Kal nggak suka memikirkan sesuatu dengan rumit. Saya rasa, tanpa merasa berdosa barangkali dia bisa saja akan memanggil saya Babushka (artinya nenek dalam bahasa Rusia) kalau saya sudah mulai cerewet :D
4. Tidak sedikit penulis yang mengambil CEO sebagai pekerjaan sang tokoh utama. Kenapa kakak memilih peselancar sebagai tokoh utama dalam novel ini terlepas dari judulnya?
Saya ingin menulis karakter dengan profesi yang berbeda. Supaya segar. Supaya novel yang saya tulis mudah membekas di ingatan pembacanya :)
5. Dalam menulis, ada kalanya menemui hambatan seperti ide yang mentok, mood menulsi menurun dan sebagainya. Apa yang kakak lakukan saat mengalami hambatan dalam menulis?
Tiap penulis punya cara mereka masing-masing. Kalau saya sih mengatasinya dengan makin gila baca buku, karena ide-ide suka ‘online’ saat kegiatan membaca berlangsung. Atau, bisa juga membebaskan pikiran dengan menggambar. Buat saya, menulis dan menggambar adalah dua hal yang akan menyeimbangkan otak saya. Sementara membaca adalah semacam ‘bank ide’ untuk tulisan dan gambar-gambar saya.


Pssst pssttt, kalian sudah dapat sedikit bocoran dan gambaran mengenai novel yang satu ini? Besok, aku akan memberikan review dan tentu saja ada satu buah eksemplar novel Sea You Soon persembahan Twigora yang akan dibagikan dan sekaligus menutup rangkaian blog tour kali ini. Kalian bisa mampir untuk melihat review di host yang lainnya. Berikut daftarnya :

4 – 5 AGUSTUS 2018: TASYA DEVI
URL Blog: perpuskeciltasya.wordpress.com

6 – 7 AGUSTUS 2018: AFIYATUL FUTHONA 

8 – 9 AGUSTUS 2018: BIE

10 – 11 AGUSTUS 2018: GABRIELLA HALIM

12 – 13 AGUSTUS 2018: SISKA
URL blog : https://reviewbysiska.blogspot.com

Jadi, sudah siap berselancar bersama Kal, si brondong tampan yang menggoda?

9 komentar:

  1. Aku tebak T-Rex ini panggilan Kal buat Hito ya?

    BalasHapus
  2. 'Spasiba' mengantarkan pada bahasa rusia.. Kalau aku 'saranghae' mengangantarkan pada kursus bahasa korea 😹 .. Hm, iyasih kalau tokoh pria kerja di perusahaan bonafid mulu bosen akutu 😹 btw inspirasinya sederhana ya, tapi blurb dan review di akunmu ini bikin ngiler pen baca.. Wkwk aku club #anticowoklebihmuda nih, keknya mesti baca deh πŸ™ˆ siapatahu pindah club. #ehgimana

    BalasHapus
  3. Btw, nama penulis Happy Rose itu nama pena bukan ya? Soalnya akhir2 ini sering banget kan nemu penulis baru yang dibesut penerbit RRS pada pake nama pena ketimbang nama aslinya, dan itu kadang entah kenapa jadi bikin penasaran what should I call them? :D

    Sama nah, suka iri juga sama orang yang jago gambar karena aku ga punya bakat gambar sama sekali padahal pengen wkwkwk

    BalasHapus
  4. "Kal nggak suka memikirkan sesuatu dengan rumit."
    Kayaknya bakal suka sama tokoh yang satu ini :)

    BalasHapus
  5. Betul, profesinya unik. Bukan seperti kebanyakan cerita! Dan aku penasaran sama si pelancar iniii 😍

    BalasHapus
  6. Jawaban terakhirnya mantap djiwa raga indonesia raya. Sebagian besar orang2 kalo lagi buntu nulis tuh kan malah melipir dulu sejenak menghilangkan bosan dan cari hal lain untuk mengembalikan mood. Tapi Kak Happy Rose ini malah menggila bacanya. Tapi ye bener juga sih alasannya itu masuk akal. Makin hanyak baca jadi makin banyak inspirasi yang datang seketika ehehe :D

    BalasHapus
  7. Menggambar itu bisa jadi penyeimbang, pelengkap juga bagi penulis. Ilustrasi dalam novel bisa dibuat sendiri kan lebih pas di hati. Seperti Ayah Pidi Baiq juga. Keren bisa gambar! Keren kak Rose! Sayang aku gak bisa😭😭

    BalasHapus
  8. Wah, berani sekali ya kak Rose mengambil tema surving yg asing bagi beliau, tapi ternyata sukses bikin cerita yg seseru ini. Salut deh! πŸ˜‰

    BalasHapus