Senin, 13 Agustus 2018

[BLOGTOUR] Review Novel Sea You Soon - Happy Rose

Sea You Soon Blog Tour - Part 2



Semangat Senin, gengs!
Sesuai janji kemarin, hari ini aku akan memberikan review novel Sea You Soon dari sudut pandang aku. Sudah siap berselancar? Mari kita intip blurb-nya terlebih dahulu.

Judul : Sea You Soon
Penulis : Happy Rose
Penerbit : Roro Raya Sejahtera (Twigora)
Jumlah Halaman : vi + 250 hlm
2018
Cinta bisa menyakiti...
juga menyembuhkan

Kal penakluk wanita. Agni tak meliriknya.

Kal peselancar seksi yang memesona.

Agni merasa Kal terlalu muda. Dia tak ingin cinta remaja.

     Agni bahkan tak terpikir untuk jatuh cinta lagi. Hidupnya sudah terasa penuh - juga penat - diisi dengan kesibukan bekerja dan membesarkan Hito, putranya. Namun, Kal tak memberinya pilihan selain membiarkannya di dalam hidupnya; terpaksa meladeni keusilannya, memalingkan wajah ketika dia bertelanjang dada seenaknya..., dan setengah mati menahan emosi setiap kali Kal mencoba merayunya.

     Semakin mengenal Kal, Agni yakin laki-laki itu sudah biasa membuat lawan jenisnya patah hati. Bukan mustahil Agni akan jadi korban selanjutnya. Dia merasa perlu menjaga hatinya dari Kal - dan dari kemungkinan tragedi lama terulang lagi. Agni merasa dirinya bukan orang yang kuat. Satu-satunya cara untuk tidak patah hati adalah menghindari jatuh cinta sepenuhnya.

     Untuk sementara waktu, dirinya tersenyum penuh kemenangan. Agni sanggup menutup mata dari segala yang tak ingin dia lihat. Namun ternyata dia tak bisa menutup hati dari orang yang membuatnya kembali merasakan cinta. Dan memang bukan begitu juga caranya; Agni harus memaafkan supaya bisa melupakan luka lama. Melupakan... supaya bisa jatuh cinta lagi.

⚯⚯⚯⚯⚯




Gimana nih setelah membaca blurb-nya? Sepertinya sosok Agni penuh dengan luka yah. Tapi daripada tebak-tebak buah manggis gak berhadiah juga, mending aku ngajak kalian kenalan sama beberapa tokoh dalam novel ini.

Agni merupakan seorang ilustrator, single mother dan mempunyai anak yang menggemaskan dan loveable banget, sosok wanita yang keras kepala dan ternyata menyimpan ketakutan dari masa lalunya.

Kal merupakan seorang peselancar, penganut prinsip 'no memory no pain', pria yang sadar dengan pesonanya dan memanfaatkannya dengan sangat baik.
Btw, doi pintar masak. Duh, pesonanya bertambah deh. Aku gak kuat sama Babang Kal. *Lambaikan tangan ke kamera, eh tapi gak ada kameranya yah. Baiklah mari kita lanjut*
"I am beast. I am a haunted man."
Hito merupakan anak Agni yang gemasnya gak ketolongan, bocah yang punya rasa ingin tahu yang sangat besar. 




Dalam rangka memenuhi undangan Tris - sang paman, Agni bersama Hito - sang putra terbang ke Bali. Pertemuan yang tidak disengaja antara Agni dan Kal karena sebuah insiden yang membuat Kal sedikit cidera, namun membuat Hito menganggap Kal sebagai pahlawannya. Hingga akhirnya terungkap bahwa Kal adalah pria yang dimaksud Tris, pria yang sedang tinggal untuk sementara waktu di rumah Tris. 

Kal yang nalurinya suka menggoda, juga tidak melepaskan kebiasaanya itu pada Agni, namun berhasil membuat Agni harus menjaga jaraknya karena enggan terlibat dalam tragedi yang sama dengan yang terjadi pada masa lalunya.
"... Kau dua puluh lima, dan dia tiga puluh satu. You are out of league."
Pertemuan dengan Agni, membuat Kal merasakan bertemu dengan sesuatu yang baru dan sangat menikmatinya. Di satu sisi, Hito seperti semakin bergantung dan menempel pada Kal, yang membuat Agni merasa miris karena sang putra tidak memiliki sosok ayah. 

Seiring waktu, Agni jadi lebih mengenal sosok Kal, begitu pula sebaliknya. Apakah cinta akan benar-benar hadir pada dua anak manusia ini? Atau justru interaksi mereka berdua akan membuat luka lama terulang kembali?



Judul novel ini menarik banget, ditambah covernya segar di mata. Eh pas, buka dalamnya. Ahhh cantik banget sih ilustrasinya. Bookmark-nya aja lucu banget. Novel ini mengambil Bali sebagai setting tempat di dalamnya, dan penulisnya berhasil menjabarkan dengan sangat baik, jadi imajinasiku bisa membayangkan dengan baik maksud penulis. Setting waktu juga cukup jelas. 


Alur bergerak maju dan jalan ceritanya terasa wajar. Penulis berhasil membuat aku sebagai pembaca larut di dalam kisah ini. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga. 

Ide ceritanya bisa terbilang fresh, dengan mengambil seorang peselancar sebagai tokoh utama pria, di saat masih banyak yang menggunakan CEO sebagai pekerjaan tokoh utama pria. Ditambah sang tokoh utama wanita yang bekerja sebagai ilustrator dan memiliki seorang anak dari pernikahan sebelumnya. Dari segi tokohnya saja sudah berbeda dan menarik, bukan?


Bicara soal peselancar, di novel ini juga banyak membahas yang berkaitan dengan selancar. Dan yang pasti didukung dengan catatan kaki yang menjelaskan istilah-istilah yang berkaitan dengan dunia selancar yang buat kita gak bakal bingung dengan yang sedang dibahas. 


Aku suka dengan cara penulisannya, bahasanya ringan dan aku dibuat terlarut di dalamnya. Aku suka dengan karakter Hito yang entah mengapa mencuri perhatianku. Penulis menulisnya dengan sangat ciamik.

Konflik di dalamnya bisa dibilang tidak ringan.
Novel ini membahas luka masa lalu, kehilangan, kasih sayang orang tua, memaafkan, melepaskan, kepercayaan dan proses yang harus dilalui. 

Kalian bisa dapatkan novel ini di toko buku kesayangan kalian atau bisa langsung ke akun Instagram @twigora atau @twigorashop. Buku ini bisa kalian dapatkan dengan harga Rp 72.000,-


Meskipun tertulis rate-nya untuk usia 15+, aku lebih merekomendasikan untuk usia 17+.
"Tidak sulit untuk mencintai ketika kau mulai benar-benar melihat dirinya dengan hatimu." (hlm 181)
Seperti biasa, akan ada photo challenge dari kak Roro, kali ini pose ala Kal. Jangan terkejoedh menatap foto kali ini yah. Karena aku buruk dalam edit mengedit plus buruk dalam meniru posenya meskipun ada contoh. Tadinya sudah pakai celana ala Kal yang di cover, tapi malah tak tampak setelah di edit.



Oh ya, akan ada giveaway nanti siang sebagai penutup rangkaian blog tour kali ini. Jangan sampai kelewatan yah.

Sea You Soon, selesai!



9 komentar:

  1. Agni didekati cowok 6 tahun lebih muda aja pasti banyak rintangannya ya, lha aku baru dideketin yang beberapa tahun lebih muda udah keder banget. #gakadayangnanya 😂😂

    Btw, banyak yang ralat rate nih buat novel ini.

    BalasHapus
  2. Kelihatannya menarik. Aku selalu suka jika penulis mengeksplore profesi yang bisa dibilang langka. Benar kata Kak Siska, pembaca butuh sesuatu yang beda, tidak melulu soal CEO dan pegawainya. Btw, Hito sepertinya tipe anak-anak yang lebih menggemaskan dari imajinasiku ��

    BalasHapus
  3. Kalau cerita tentang si ceweknya i i janda dan punya anak, aku udah beberapa kali nemu. Tapi kalo yang ini ada lebih beda karena si cewek pun lebih tua.

    Kal lebih muda 6 tahun dari Agni ya? No problem lah. Ga kejauhan kok. Soalnya dulu ada temen SMA yg cerita kalo ibunya lebih tua 10 tahun dari bapaknya. Tapi masih awet aja sampe tua hehehe perbedaan umur bukan masalah utama lah ya.

    BalasHapus
  4. Wahhh perbedaan umur yang menakjubkan. Yang cewek lebih tua padahal biasane aku sering nemu sebaya atau yang lelaki lebij tua. Yam.. Yammm aku penasaran gila kalau kayak gini.

    BalasHapus
  5. beda umur 6 tahun sih aku masih anggep wajar, klo 10 tahun lebih baru aku agak risih, hehehe. Btw aku juga setuju sama Kak Heni, wkwkwk. Keder sendiri klo ada junior cowok yang ngedeketin, takutnya disangka kita ngejerumusin, wkwkwk.

    BalasHapus
  6. Menarikk yaa, apalagi tentang konfliknya dengan luka lama... Duhhh Gimana cara Agni menyembuhkan ya, apakah si Kal penyembuh luka? Bikin makin penasaraaaan sama ceritanya.

    BalasHapus
  7. Jika di suatu novel si penulis mengangkat pekerjaan tokohnya adalah "ini" atau "itu", biasanya dengan mudah tertebak kalau pekerjaan asli atau main job si penulis adalah "ini" atau "itu" juga. Tadinya mengira Kak Happy Rose itu si peselancar, eh ternyata bukan ya ahaha. Tapi ilustratornya ada nyangkutnya juga karena beliau kan pandai menggambar.

    Kak Happy Rose tidak pernah nyemplung di dunia selancar, tapi sampe bikin catatan kaki untuk istilah-istilah khusus di selancar. Berarti risetnya dalem juga nih :D

    BalasHapus
  8. Menarik ya, Kal, Agni, dan Hito. Memang terkadang alasan wanita single parent untuk menikah lagi adalah anaknya. Kalau anaknya sudah nyaman dan akrab dengan sang calon. Ya, tunggu apalagi. Segerakan!! Hehehe..

    BalasHapus
  9. Covernya emang seger banget, jadi pengen main ke pantai 😂

    Cowok lebih muda, ya nggak masalah....kalo cinta apapun bisa terjadi, nggak pandang usia lebih muda atau tua, yang penting yakin kalau bersamanya hidup bisa bahagia dan surga bisa lebih dekat, dengan pernikahan tentunya yaa 😊

    BalasHapus