Kamis, 01 November 2018

Review Novel Kismet - Nina Addison

Kismet - Nina Addison



Judul : Kismet

Penulis : Nina Addison
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 296 hlm
2015

kismet//takdir//destiny. Kata yang melibatkan semacam rahasia kosmik, yang memberi letupan kejutan di sana-sini dalam hidup seseorang, menggiringnya ke tempat ia seharusnya berada.

Konsep itu menggelikan bagi Alisya.

Tetapi ketika di tengah hiruk pikuk New York City ia bertemu dengan Cia, perempuan yang seketika menjadi sahabatnya, Alisya bertanya apakah takdir sedang bekerja? Lalu muncul Raka, satu-satunya cowok yang bisa membuat Alisya jatuh cinta. Lelaki yang, lagi-lagi, dibawa takdir masuk ke hidupnya. Sayangnya, takdir yang satu ini berpotensi menghancurkan persahabatannya dengan Cia. Jadi, mana yang harus ia pilih?

Orang bilang persahabatan itu kekal, untuk seumur hidup. Namun, bukankah cinta sejati juga demikian?

❦❦❦❦❦

"Life may bring you the wrong turns, but destiny will take you there."


Perjalanan Alisya di New York bagaikan takdir. Di sana ia bertemu dengan Cia yang menolongnya dari godaan pria ganjen dan bagaikan takdir, mereka bertemu kembali. Hingga akhirnya Alisya tinggal bersama Cia. Awalnya, Alisya pikir semuanya akan berjlan lancar, namun tidak butuh waktu lama untuk Alisya untuk merasa tidak nyaman saat tinggal bersama Cia. Setelah melalui konflik di antara mereka berdua, akhirnya mereka bukan hanya sekedar roommate, namun menjadi sahabat.



Sampai suatu saat, ada hal yang membuat Cia memilih pulang ke Indonesia. Dan setelah beberapa tahun kemudian,  saat Alisya kembali menginjakkan kaki kembali ke Indonesia untuk mengunjungi Cia dan putrinya, di pesta ulang tahun putri Cia lah, Alisya bertemu dengan Raka. Pria yang mampu membuatnya teralihkan, berdebar, terpincut, tidak sadarkan diri, dan sejenisnya 😂

Yang mengejutkan, ternyata Raka juga berasal dari New York. Tidaka butuh waktu lama bagi Alisya dan Raka untuk merasakan kenyamanan antara satu sama lain. Namun, Alisya menahan dirinya sebisa mungkin karena mengetahui bahwa Cia menyukai Raka. Alisya tidak ingin menghancurkan hati Cia yang sudah pernah hancur. Di satu sisi, akhirnya Alisya menemukan seseorang yang dapat membuat dirinya berdebar.

Jadi apa yang harus Alisya pilih? Persahabatan atau Cinta?



Menggunakan sudut pandang pertama dan umumnya menggunakan sudut pandang Alisya yang mengisahkan perjalanan kehidupannya yang mampu membuatku awalnya sempat berpikir yang tidak-tidak mengenai Cia dan Alisya sendiri. (Seperti biasa, aku suka sok ngide tebak jalan cerita 😂✌)
Menjelang akhir, terdapat beberapa bagian yang menggunakan sudut pandang Raka dan juga adik Alisya.


Alur bergerak maju dan jalan cerita terasa wajar dan pas.

Mengambil setting tempat di New York dan Indonesia yang dijabarkan dengan baik, didukung dengan dialog para tokoh yang menunjukkan kebangsaan dan keberadaan mereka 👍👍
Setting waktu juga dijabarkan dengan baik, sehingga tidak bingung saat membacanya.




Ide cerita secara garis besar mengisahkan cinta segitiga, namun konfliknya cukup berat, tapi menurutku ini daya tarik paling besar dari novel ini.
Bukan cuma mengangkat kisah cinta, tapi juga konflik keluarga, persahabatan, tanggung jawab, mengejar mimpu dan mencari kebahagiaan.

"Cinta itu brengseknya gitu, Al. Dia bisa nemplok di hati tanpa seizin lo!"
Kismet, selesai! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar