Kamis, 01 November 2018

Review Novel Finally You - Dian Mariani

Finally You - Dian Mariani



Judul : Finally You

Penulis : Dian Mariani
Penerbit : Stiletto Book
Jumlah Halaman : 277 hlm
Cetakan I, Juni 2014



Luisa dan Raka, dipersatukan oleh luka. 
Luisa yang patah hati setelah ditinggal Hans, memilih menghabiskan waktunya di kantor sampai malam. Bekerja tak kenal lelah. Siapa sangka, ternyata bos di kantornya juga baru putus cinta. Mereka sama-sama mencari pelarian. Mengisi waktu-waktu lengang selepas jam lembur dengan menyusuri jalan-jalan padat ibu kota. Berdua. Membagi luka dan kecewa.



Antara bertahan pada kenangan, atau membiarkan waktu yang menyembuhkan. Baik Luisa ataupun Raka membiarkan hubungan mereka berjalan apa adanya. Hubungan yang dewasa tanpa ungkapan cinta. Mungkin rasa aman dan nyaman bersama kenangan, membuat Luisa dan Raka malas menyesap rasa baru dalam hubungan mereka.



Namun, bagaimana jika seiring berjalannya waktu, Raka mulai benar-benar jatuh cinta ketika Luisa justru sedang berpikir untuk kembali kepada Hans? Ternyata bukan tentang waktu. Bukan juga tentang masa lalu. Ini tentang menemukan orang yang paling tepat untuk hidupmu.

⚜⚜⚜⚜⚜

Seperti biasa, aku mau mengajak kalian berkenalan dengan beberapa tokoh di dalamnya.

Pertama, ada Luisa.
Gadis cantik, cukup pintar, riwil tapi cenderung ke arah perhatian. Sayangnya, belum move on cuiii..
Gadis yang belum move on juga dari mantan pacarnya yang setelah ia selidiki ternyata sudah berselingkuh darinya saat mereka masih menjalin hubungan. Padahal keluarganya sudah menganggap Hans - mantan Luisa, seperti anak sendiri dan sangat menyayanginya.

Kemudian, Raka.
Atasan Luisa, seorang manufacture General Manager di perusahaan farmasi terbesar nomor tiga di Indonesia. Terkenal sebagai sosok yang galak, strict, risk taker, pandai dan high quality jomblo. Tapi aslinya, bapak yang satu ini baiknya minta ampun, peka, dan terhitung sabar.

Uh uh.. Bapak Raka ini kandidat banget sih untuk jadi suami 😍😍😍

Mereka berdua ini belum move on dari masa lalu. Tapi bagaimana jika mereka berdua dipertemukan? Akankah luka yang masing-masing mereka terima dapat mengisi satu sama lain?


"No prob, just call if you need 911"
Nah loh, kira-kira ada apa yah sampai bawa-bawa 911?
Jadi, Luisa sedang jalan di mall, tidak sengaja bertemu dengan Raka - atasannya. Tapi yang bikin Luisa kelabakan adalah melihat Hans yang sedang jalan bersama Gina yang dulu katanya hanya sahabat, tapi ternyata Hans selingkuh dengannya dan berakhir mereka berdua berpacaran.
Saat tidak sengaja berpapasan, Raka lah yang menolong dengan berpura-pura menjadi pasangan dari Luisa dan membuat Luisa tidak perlu lama-lama berbincang dengan mereka. Dan berakhir dengan mereka berdua menghabiskan waktu untuk makan siang bersama.

Selanjutnya mereka berdua dipertemukan kembali saat pulang bekerja. Mereka pergi makan malam bersama. Lagi-lagi mereka berdua menikmati perbincangan mereka satu sama lain.
"It's just ... It's something fun, Raka. Something nice to give. Something nice to have."
Bukan hanya Luisa yang masih belum bisa melupakan mantan kekasihnya - Hans. Raka sendiri ternyata memang sudah putus dengan kekasihnya. Namun ia masih berhubungan dengan sang mantan dengan tanpa status. Bukan hanya berhubungan dalam bentuk komunikasi yang biasa, melainkan hubungan intim layaknya suami istri, tapi hanya itu. Mengingat Saskia - mantan Raka, sudah memiliki kekasih di Singapura, tempat Saskia bernanung sekarang. Tapi Raka melakukannya berlandaskan rasa cinta, sedangkan Saskia... Bisa kalian simpulkan dari kutipan kalimat di atas.

Yang satu terjebak pada kenangan cinta masa lalu, yang satu terjebak dalam hubungan tanpa kepastian karena sudah sangat bergantung padanya.
Apa jadinya jika mereka berdua bersatu?

Makan malam bersama menjadi agenda rutin untuk Luisa dan Raka. Raka yang posisinya merupakan atasan Luisa, mau saja diperintah oleh Luisa untuk mengatur makanannya menjadi lebih sehat. Sebisa mungkin mereka mengurangi gorengan. Dari makan malam bersama, berbincang hal-hal sepele, lalu menceritakan masalah pribadi mereka yang berkaitan dengan orang masa lalu.
"Kenapa masih ada foto dia di situ?"
Hmmmm.. *berusaha mengendus sambil menghirup aroma yang ada*
Saya mencium aroma kecemburuan di sini?
Eh, tapi kok Raka meskipun bertanya seperti itu, masih tetap berhubungan dengan Saskia - sang mantan?
"Kita sama-sama tahu, mereka itu masa lalu. Tapi kita enggan beranjak dari kenangan itu."
Pada akhirnya, hubungan antara Raka dan Luisa akhirnya naik level gengsss! Kepincut juga mereka pada satu sama lain. Tapi bagaimana kalau mantan paling berbekas di hati mereka masing-masing, belum bisa mereka lupakan, tiba-tiba menghubungi kembali?
Akankah hubungan mereka yang seumur jagung akan goyah?



Ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga, alur bergerak maju dan sedikit mundur di pertengahan. Jalan cerita terasa wajar, pas dan tidak terburu-buru. Dari awal hubungan Raka dan Luisa yang kemudian naik level hingga akhir kisah, semua terasa wajar. Tidak terasa cinta kilat.
Setting tempat dan setting waktu dijabarkan dengan baik.

Ide cerita bisa terbilang ada yang serupa namun dikemas dengan sangat baik dan konflik yang ditawarkan cukup berat dan menarik, ditulis sedemikian rupa sehingga terasa ringan saat membacanya.
Yang aku suka dari novel ini, aku dihadapkan pada dua tokoh utama yang tidak sempurna. Raka dengan masa lalunya bersama Gina. Luisa dengan ketakutannya dan kesulitannya beranjak dari Hans.
Jadi bisa disimpulkan, bukan cuma mengangkat kisah romansa tapi juag bagaimana perjuangan Raka dan Luisa untuk melepaskan diri dari masa lalu, menghadapi ketakutan, kepercayaan, kebodohan akibat cinta dan menemukan orang yang tepat.
"Ternyata bukan tentang waktu. Bukan juga tentang masa lalu. Ini tentang menemukan orang yang paling tepat untuk hidupmu."
Finally You, selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar