Jumat, 02 November 2018

Review Novel Love Catcher - Riawani Elyta

Love Catcher - Riawani Elyta


Judul : Love Catcher
Penulis : Riawani Elyta
Penerbit : Gagas Media
Jumlah Halaman : 320 hlm
Oktober, 2017

Tidak ada yang abadi di dunia ini.

Tidak juga kesetiaan. Benarkah?



Azizi dan Gaby sepenuhnya mengerti, mereka tak bisa saling melepaskan. Terlebih, setelah segala harap tumbuh di antara keduanya, mereka tak yakin bisa jauh terpisahkan. Namun, kini keinginan untuk terus bersama tak lagi sejalan dengan kenyataan. Mereka harus memilih.



Love Catcher mengisahkan sepasang kekasih yang telah memutuskan untuk hidup bersama selamanya. Namun, pilihan lain datang kepada mereka. Meski awalnya terlihat biasa, pilihan lain itu mengubah segalanya. Kisah mereka tak lagi sama. Mampukah janji menghapus segala ragu? Ataukah mereka harus menyerah pada rasa
yang sudah telanjur berbeda?

↡↡↡↡↡

Gaby , seorang pemilik cafe chocolate dan memiliki seorang kekasih bernama Azizi. Hubungan mereka yang masih seumur jagung, mengingat awal pertemuan hingga mereka menjadi kekasih dalam hitungan waktu yang singkat untuk memutuskan melanjutkan hubungan mereka ke jenjang yang lebih seritus alias menikah. 

Mereka berdua pernah sama-sama ditinggal. Gaby yang ditinggal menikah oleh kekasihnya yang sudah berpacaran dengannya selama bertahun-tahun, dan Azizi yang ditinggal menikah oleh sahabat yang dicintainya yaang lebih memilih pria lain untuk menjadi pendampingnya. 

Hubungan mereka yang terbilang singkat menjadi salah satu penyebab restu dari mama dan kakak Gaby tidak mengalir dengan mulus. Namun sebenarnya, ada beberapa hal yang menyebabkan restu tidak mudah diberikan oleh keluarganya. Rasa trauma yang diderita sang mama yang ditinggal oleh suaminya - papa Gaby menikah dengan wanita lain, Ghea - adik Gaby yang memilih untuk kabur dari rumah karena tidak mendapat restu saat menjalin hubungan dengan pria yang hampir seumuran dengan ayahnya, Gary yang jarang pulang ke rumah dan sibuk berkeliling dunia, dan yang terakhir Azizi yang dipindahtugaskan ke luar kota membuat Gaby dihadapkan pada dua pilihan untuk ikut Azizi pindah ke luar kota setelah menikah atau menjalani hubungan menikah jarak jauh. 

Ditambah ada konflik Gaby dengan seorang pelanggan yang menuntut ganti rugi dan ternyata orang tersebut adalah tante dari Azizi yang mengurusi dan membiayai Azizi semenjak orang tuanya meninggal. Dan Gaby sibuk mengurus bisnis dengan partner barunya yang bernama Mirza. Tapi permasalahannya bukan pada kesibukannya, melainkan seperttinya Mirza menaruh hati pada Gaby. 

Jadi, keputusan apa yang akan Gaby ambil? Apakah pernikahan mereka akan berlangsung atau akhirnya akan batal mengingat banyaknya halangan di antara mereka? Selain itu, apakah keputusan untuk melangsungkan pernikahan mereka dilandasi rasa cinta atau hanya sebagai pembuktian pada orang lain bahwa masing-masing dari mereka sudah move on dari luka saat mereka ditinggalkan?


Novel ini sebagian besar ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang pertama yakni dari sudut pandang Gaby. Aku jadi bisa menyelami pemikiran dan semua konflik yang dialami oleh Gaby.
Alur yang digunakan adalah maju mundur, jalan cerita terasa wajar, tidak terburu-buru. 
Setting tempat dan setting waktu dijabarkan dengan cukup baik.

Ide cerita yang disuguhkan rasanya menarik, mengingat konflik di dalamnya cukup banyak dan berat. Jangan lupa terasa nyata karena konfliknya terasa realistis dan sedikit dialami oleh beberapa pasangan yang hendak menikah ataupun konflik dalqam keluarga Gaby itu sendiri. 

Novel ini bukan hanya mengangkat kisah percintaan antara dua anak manusia yang mengambil keputusan untuk menikah, tapi juga mengangkat konflik dalam keluarga berkaitan dengan restu, orang ketiga, trauma dan luka masa lalu karena pernikahan yang gagal, gagal menikah, membuka hati, dan mengambil keputusan.

Love Catcher, selesai! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar