Senin, 19 Agustus 2019

Review Novel Muara Rasa - Devania Annesya

Muara Rasa - Devania Annesya




Judul : Muara Rasa
Penulis : Devania Annesya
Penerbit : Ice Cube
Jumlah Halaman : vii + 186 hlm
Cetakan Pertama, Mei 2015



Flo, Ravi dan Val bersahabat sejak mereka kecil. Meskipun Flo terpaut usia 2 tahun dari mereka. Permasalahan masing-masing dalam keluarga mereka, mereka semua sudah tahu. Membuat mereka enggan merusak tali persahabatan mereka. Meskipun sebenarnya Ravi menyukai Flo, Flo menyukai Val. Sedangkan Val saat ini sudsh punya kekasih. Dan hubungan persahabatan mereka berubah saat mereka bertiga bersama Karen - kekasih Val, memainkan permainan truth ot truth. Membuat mereka tidak ada pilihan selain mengatakan yang sejujurnya.

Alur bergerak maju mundur didukung dengan setting waktu yang sangat jelas.
Mengambil setting tempat di Surabaya, meskipun tidak terlalu dijabarkan di dalamnya, penjabaran secara spesifik untuk beberapa adegan di dalamnya cukup baik.
Ide cerita terasa fresh. Didukung konflik yang cukup berat sebenarnya, hanya saja disampaikan dengan cara yang ringan, jadi terasa mengalir. Mungkin kalau konflik di dalamnya dijabarkan lebih mendalam lagi, novel yang ini bisa menjadi sangat dark. Tapi aku suka dengan yang sekarang, jadi aman untuk jiwaku saat membacanya. Plus aku sampai nangis juga bacanya.😭
Kalau ada kelanjutannya, aku mau baca 😆

Novel ini mengangkat kisah persahabatan yang dibumbui cinta tak berbalas di dalamnya. Dibalut dengan konflik keluarga yang sebenarnya menyentil kehidupan masyarakat sehari-hari dari sisi orang yang sering dipandang sebelah mata. Anak dari istri simpanan, anak yang bandel berbanding terbalik dengan saudaranya yang berprestasi dan berasal dari keluarga akademisi. Sekalipun yang terlihat baik-baik saja, ternyata di dalamnya memiliki masa lalu yang tidak selalu menyenangkan seperti yang dilihat sekarang.

Pada akhirnya, segala sesuatu akan ada muaranya. Semua hanya perlu menunggu waktu untuk tiba pada muara tersebut. Baik perasaan, maupun kehidupan.

Muara Rasa, selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar