Senin, 19 Agustus 2019

Review Novel Perfection - Farrahnanda

Perfection - Farrahnanda


Judul : Perfection
Penulis : Farrahnanda
Penerbit : Ice Cube
Jumlah Halaman : viii + 238 hlm
Cetakan Pertama, Maret 2015



Nina merupakan anak kembar identik, namun seiring waktu, yang membedakan dirinya dengan Nila-kembarannya adalah bentuk tubuh mereka. Nina gemuk. Meskipun dari segi akademis Nina lebih menonjol, namun tak membuat Nina merasa lebih dihargai. Ia merasa,semua orang lebib menyukai Nila dan ia selalu dibandingkan dengannya. Saat mulai duduk di bangku SMA, Nina mulai dekat dengan Panji, kakak kelasnya yang sangat baik. Tapi lagi-lagi, omongan orang yang menganggap Nina tak pantas dekat dengan Panji membuat Nina bertekad untuk menurunkan berat badannya. Agat ia bisa pantas berada di samping Panji. Agar ia terlihat sempurna. Untuk itu, Nina melakukan apapun untuk berusaha mencapainya.

Menggunakan sudut pandang orang pertama dari sisi Nina, membuat kita dapat menyelami apa yang dipikirkan Nina. Sampai kesal juga sama perlakuan dan perkataan yang diterima Nina, tapi nggak habis pikir juga sama beberapa pola pikir Nina. 
Alur bergerak maju dan jalan cerita terasa pas.
Setting tempat dan waktu dijelaskan cukup baik.
Dari segi ide cerita dan konflik menurutku fresh. Meskipun sebenarnya secara garis besar terkesan umum, tapi ini lebih dark aja kesannya menurutku kalau dibandingkan dengan ide yang setipe. .
Novel ini mengangkat tema body shaming yang sebenarnya tanpa disadari sudah merubah pola pikir seseorang. Terlepas dari maksudnya yang entah hanya bercanda atau tidak, mental setiap orang berbeda. Ada yang bisa jadi pemicu ke arah positif atau justru bisa berdampak negatif. Terkadang kita suka tidak menyadari efek ucapan atau mungkin candaan kita yang bisa bagaikan pisau kasat mata. Tak nampak, tapi meninggalkan luka yang juga tak nampak.

Perfection, selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar