Kamis, 20 September 2018

Review Novel Thank You- Adara Kirana

Thank You - Adara Kirana



Kali ini aku kembali dengan novel teenlit dari Penerbit Inari. Nah, ini adalah novel pertama dari Penerbit Inari yang bakal aku review. Semoga ke depannya ada lagi yah. Siapa tahu ada yang mau sponsorin diriku. *ngarep.com
Kita langsung intip blurbnya yuk.

Judul : Thank You
Penulis : Adara Kirana
Penerbit : Penerbit Inari
Jumlah Halaman : 210 hlm
Cetakan Pertama, Juni 2017

Adelia dan teman-temannya punya sebuah permainan. Sebuah kaleng bekas diisi berbagai tantangan. Yang mendapatkan kertas itu harus melaksanakan tantangannya dan diakhiri dengan ucapan “Terima Kasih”.


Tantangan itu sekedar iseng, tapi saat Rafa menantang Adelia untuk curhat dan merekam perasaaanya di ponsel Rafa tentang cowok yang ia taksir, Adelia kebingungan.



Yang Rafa tahu, Adelia naksir Askar.



Yang Rafa dan Adelia tahu, Askar naksir cewek lain.



Yang Rafa tidak tahu, Adelia sebenarnya naksir Rafa



❣❣❣❣❣





Kalau kalian punya kaleng bekas, apa yang akan kalian lakukan? Buang atau dijadikan tempat penyimpanan? Nah kalau Adelia, Rafa, dan Sarah - kakak Adelia menjadikannya sebagai wadah permainan seperti TOD, namun harus mengucakan terima kasih di setiap akhir permainan dan memberikan nama 'Thank You'.

Apa yang terlintas dalam benak kalian saat mendengar kata thank you? Ucapan sebagai apresiasi kita atas bantuan yang sudah kita peroleh? Novel ini mengemasnya menjadi menarik karena thank you sendiri dijadikan sebuah permainan.

Seiring waktu hanya dimainkan oleh Rafa dan Adelia, lalu semenjak duduk di bangku SMP, yang turut serta memainkannya bertambah. Hingga duduk di bangku SMA, permainan ini dimainkan oleh Adelia, Rafa, Askar, Hana, Gilang dan Putri.

'Rekam suara berisi curhatan pakai ponsel Rafa. (Dijamin aman!)....'

Hingga suatu saat Adelia mendapat tantangan untuk melakukan hal tersebut. Tapi yang sebenarnya terjadi, Rafa berpikir Adelia menyukai Askar. Padahal, yang Adelia sukai adalah Rafa. Di satu sisi, Rafa menyukai orang lain. Jadi apa yang akan Adelia lakukan?


~Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama, yakni Adelia.
~Alur bergerak maju mundur, jalan cerita terasa wajar.
~Setting tempat cukup jelas, setting waktu di bagian awal sempat membingungkan, namun seiring membaca jadi mengerti setting waktu yang dimaksud penulis.
~Ide cerita fresh, mengambil unsur permainan TOD dan menggunakan 'terima kasih' di setiap akhir permainan. Good job untuk penulis👏
~Ada screenshoot chat group mereka, jadi nggak pusing bacanya.
~Novel ini membahas mengenai persahabatan, percintaan, dan juga menunjukkan kekuatan ucapan 'terima kasih'.
~Karakternya kuat dan konsisten. Bahkan sosok Askar sangat unik sekali dengan segala akronimnya.
~Desain dan lay-out nya juga cantik.

Novel ini direkomendasikan untuk remaja.

Thank You, selesai!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar