Minggu, 03 Maret 2019

Review Novel Happiness - Fakhrisina Amalia

Happiness - Fakhrisina Amalia


Judul : Happiness
Penulis : Fakhrisina Amalia
Penerbit : Ice Cub
Jumlah Halaman : xi + 223 hlm
Cetakan Pertama, Agustus 2015



Namanya Ceria, namun tidak ada keceriaan terpancar dari dirinya. Semuanya mulai terenggut sejak kecil, saat Ceria mulai dibandingkan dengan Reina, anak tetangga yang juga satu sekolah dengannya. Ceria sebenarnya anak yang cerdas, hanya saja ia lemah di bidang eksata. Berbanding terbalik dengan Reina yang sangat menguasai bidang eksata. Orangtua Ceria ingin Ceria masuk jurusan MIPA saat SMA, agar saat kuliah bisa mengambil jurusan berkaitan dengan bidang eksata. Padahal Ceria ingin memilih jurusan Bahasa karena ia ingin kuliah di bidang Pariwisata atau Sastra Inggris. Demi dapat membanggakan orang tuanya, Ceria memilih mengikuti keinginan orang tuanya.

Jadi, akankah Ceria bahagia dengan pilihan orang tuanya?

Alur bergerak maju mundur, namun tidak membuat bingung saat membacanya.
POV yang digunakan POV ke 3.
Ide cerita dan konflik terasa fresh, terasa mengena di hati (bagiku), karena mungkin terjadi di beberapa keluarga di Indonesia.
Baguss! Aku suka cara penulisannya yang tidak terkesan santai atau formal, berhasil membuat larut di dalamnya dan aku mewek bacanya.👏

Aku rekomendasikan mulai dari remaja dan orang tua juga harus baca.

Novel ini menunjukkan bahwa setiap anak mempunga minatnya sendiri, kebahagiaannya sendiri. Tanpa disadari perbandingan yang sering dilakukan orang tua juga bisa melukai hati anak itu sendiri. Memang terkadang perbandingan dilakukan untuk memacu anak, namun juga harus menghargai apa yang telah berhasil diraih sang anak. Karena setiap orang itu berbeda. Setiap orang itu spesial.

Happiness, selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar