Jumat, 02 Maret 2018

Review Novel CHEEKY ROMANCE - KIM EUN JEONG


Judul : Cheeky Romance
Penulis : Kim Eun Jeong
Penerbit : Penerbit Haru
Jumlah halaman : 450 hlm
Cetakan ketiga, Juni 2013

Novel kedua yang bakal aku review adalah novel terjemahan asal negeri Gingseng alias Korea. Novel ini diterbitkan oleh Penerbit Haru.

Takdir dapat mengetuk pintu dengan kuat atau dengan lembut. Tergantung dari terbuat dari apakah pintu itu/ - Mary von Ebner (hlm 58)
Tersentil sedikit sama quote di atas, jadi mikir, pintu aku terbuat dari apa yah? Sepertiny terlampau keras dan tebal, apa memang belum ada yang ketuk kali yah. (malah curcol :D)

Secara garis besar, novel ini mengisahkan perjuangan Yoo Chae, seorang reporter yang selama ini cuma jadi reporter cadangan dan tiba-tiba disorot menjadi perhatian nasional dan mendapat julukan 'Ibu Hamil Nasional'. Bayangkan, bukan tingkat RT/ RW lagi. Se-RT aja sudah bakal jadi gunjingan orang, apalagi skala nasional? Pasti sudah ngelambain tangan di depan kamera, minta ampun. Nyerah deh.

Dan yang menyebabkan itu semua adalah Yoon Pyo, seorang dokter kandungan yang hanya berniat baik memikirkan bayi yang ada di dalam kandungan Yoo Chae. Karena tindakannya itu, Yoon Pyo mendapat julukan 'si Dokter Nasional'.

Tapi yang menyesakkan adalah, ternyata semuanya itu salah paham. Kehancuran karir Yoo Chae dimulai semenjak saat itu dan kisah mereka terus berlanjut dari sana. Mereka berdua dipertemukan kembali dalam sebuah acara dokumenter yang memaksa mereka harus terlibat satu sama lain.

Dari sinopsis sendiri, kita sebagai pembaca sudah pasti bisa menebak bahwa akan ada loveline antara Yoo Chae dan Yoon Pyo. Endingnya sendiri juga pasti bisa kalian duga. Tapi proses di dalamnya itu tetap menarik buat diikuti. Kita dibuat penasaran gimana caranya orang yang sudah terlanjur kesal dan salah paham satu sama lain bisa jadi satu.

Cuplikan yang paling bikin klepek-klepek di sini yang diucapkan oleh sang pria adalah
"Kau tahu tidak, kapan perempuan tahu kalau dirinya sedang jatuh cinta?"
"Saat mereka sedang mulai merajuk seperti anak kecil."
"Lalu, kau tahu kapan laki-laki sadar kalau dirinya  sedang jatuh cinta?"
"Saat laki-laki itu bertindak seperti orang bodoh karena ucapan perempuan itu." (hlm 298)

Entah mengapa rasanya kalau adegan sweet yang pakai banget kita bisa dapetin di drama Korea dan kali ini aku dapatkan di novel Korea.

Meskipun novel ini diterbitin di Indonesia sekitar enam tahun lalu, tapi gak membuat novel ini terasa gak cocok untuk dibaca saat ini. Faktor sebagai salah satu penikmat drama Korea sepertinya sangat berpengaruh.

Konflik di dalamnya bisa dibilang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu berat. Ceritanya dikemas dengan sangat baik. Alurnya maju dan bergerak wajar, pas banget lah.

Tapi, aku sampaikan pujian untuk pihak penerbit dan seluruh kru yang bekerja di dalamnya (penerjemah, penyunting dan semua yang terlibat di dalamnya). Mengingat ini adalah novel terjemahan, pada awalnya sempat merasa ragu, apakah bisa mengerti jalan cerita dari novel ini atau tidak. Dan aku merasa puas sudah bisa membaca novel ini.

Buat yang nyari novel ini beli di mana? Aku gak tahu sih, masih ada di toko buku apa gak? Tapi kayaknya di beberapa toko buku masih ada. Kalau aku belinya di shopee-nya Penerbit Haru dengan kisaran harga RP 52.000 dengan catatan ini stok lama jadi sedikit kuning. Tapi aku sih yang penting isinya. Jatuhnya juga sedikit lebih murah dengan tebal novel seperti itu. Kalian juga bisa beli di Gramedia Digital untuk versi e-booknya. Sekian review novel Cheek Romance dari Siska :)
View all my reviews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar