Selasa, 27 Maret 2018

Review Novel ASMARANDANA - Indah Hanaco


Kegirangan, senyum-senyum gak jelas. Itu adalah reaksi pertama aku begitu aku menang GA ynag diselenggarakan oleh akun di Instagram yang bernama @Tourianpeekybook. Dan tidak lama setelah kirim email alamatku, novel langsung dikirim dalam beberapa hari dan aku bisa menikmati novel yang menurut penulisnya berasal dari kisah nyata. Penasaran kan, kisahnya apa sih kalu dari kisah nyata. Kalau begitu langsung saja detail dari novel ini, sebagai berikut:

Judul : Asmarandana
Penulis : Indah Hanaco
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman ; vi + 281 hlm
2017

Blurb: 

Levi Abirama, remaja begitu bahagia karena bisa bersama Jessica yang membuatnya tergila-gila. Cintanya pada perempuan itu begitu bergelora meski usia mereka terpaut jauh. Sepuluh tahun kemudian, Levi hanya bisa termangu karena cinta itu jua yang mengantarnya menjadi "sandera" Jessica. 

Lewat sebuah perjalanan, Levi malah tak sengaja mengenal Elana Josefin. Gadis muda yang penuh semangat itu bekerja di sebuah resor di tepi Danau Toba. Pertemuan pertama mereka sudah memberi efek magis yang mengubah dunia Levi dan Elana. Hingga lelaki itu lupa, bahwa dia dan Jessica terikat hubungan terlarang yang takkan mudah diurai. 

Meski sangat gamang, Levi akhirnya berani mengambil keputusan mengejutkan. Namun sayangnya Jessica tak mau begitu saja melepaskan gigolonya. Melengkapi semua keruwetan itu, Elana sendiri punya rahasia pahit yang takkan pernah ada penawarnya. Apakah semua harus berakhir dengan hati yang luluh lantak?

⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜⚜

Ini adalah kali kedua aku membaca karya kak Indah. Dan aku suka banget sama novel ini. 

Sejujurnya, aku sedikit enggan kalau disuruh membaca novel yang sudah menyinggung mengenai gigolo ataupun brondong. Tapi novel Asmarandana ini, berhasil mematahkannya. 

Tapi memang rezeki, aku ikut GA-nya dan aku yang menang. Rasanya kayak sudah menang undian  berhadiah rumah. Lebay yah aku. Hahaha.. Maklum, hari sebelumnya aku menang GA dan hari berikutnya dapat pengumuman aku menang GA lagi.



Back to topic, dari blurb-nya saja, kita sudah tahu bahwa konflik di dalamnya pasti tidak ringan, apalagi mengingat novel ini juga diangkat dari kisah nyata. Selama membaca ini, aku dibuat terkejut dengan konflik-konflik yang ada di dalamnya dan sebenarnya dibuat sadar juga apa yang terjadi pada Levi, Elana, Jessica dan yang lainnya itu ada di dunia nyata dan bahkan tanpa sadar sebenarnya dekat dengan kita. Gigolo, tante girang, dan sebagainya. Kita selalu berpikir itu jauh dari kita, tapi ternyata dekat sekali dengan kita. 

"Selamat malam.."
Hanya bermula dari satu kalimat pendek yang terucap dari bibir manis Jessica, mampu membuat Levi remaja nyaris kehilangan kesadarannya. Perempuan yang selama ini hanya ada di poster iklan parfum yang baru beberapa saat ditempel oleh Levi di kamarnya, kini ada di depan matanya. Satu kalimat itu pula, yang membatalkan niat Levi yang ingin memarahi Edo sepulang dari rumah tante Yasmin, teman dekat Edo. Akan tetapi, Levi akhirnya justru memilih mengikuti ajakan Edo untuk ke Puncak agar dapat bertemu kembali Jessica, perempuan dengan pesona luar biasa. 

Saat membaca awal kisah ini, aku sampai berteriak dalam hati. "Omigoot, Leviiii!!! Apa yang kamu lakukan? Jangan lakukan semua itu!" Rasanya aku ingin menarik Levi dari awal, sebelum Levi terjerumus ke dalam lumpur itu. Ada beberapa adegan yang membuat aku ikut Levi yang membatu. Aku sampai dibuat heran dan geram sama Levi. Apa Levi sebodoh itu, sampai tidak sadar apa yang Jessica lakukan padanya? Aku curiga jangan-jangan Jessica ini pakai susuk atau ilmu pelet ke Levi sampai Levi nurut banget sama Jessica. 

Novel Asmarandana ini adalah novel kedua karya Kak Indah yang aku baca. Pertama yang aku baca adalah Man Candy. Bisa kalian lihat di post pertama aku. Menurutku, Kak Indah memang luar biasa dalam memaparkan pemikirannya dan berhasil membuat aku sebagai pembaca dibuat mengenal karakter para tokoh utama di dalam novelnya.

* Pertama mari kita bahas mengenai Levi. 
Levi sendiri adalah seorang remaja yang terikat pada Jessica dan butuh waktu sepuluh tahun untuk menyadarkan Levi, bahwa apa yang dilakukannya selama ini memang harus diakhiri. Tentu saja, untuk ukuran orang yang memiliki pekerjaan tetap dan memiliki penghasilan sendiri, ia tidak perlu menjadi seorang gigolo. Bahkan, meskipun Jessica membuat sebuah rekening khusus untuk Levi dan mentransfer sejumlah uang padanya, pada akhirnya Levi juga enggan menggunakan uang itu lagi. Namun, Levi seperti mengabdikan hidupnya untuk Jessica.
**Aku jadi benar-benar curiga kalau Jessica ini menggunakan ilmu pelet atau susuk yang super mahal. 

* Jessica, seorang wanita dengan pesona yang luar biasa. 
Perempuan yang sangat mengetahui kelebihan dirinya dan memanfaatkannya dengan baik. Tapi jika dibilang baik rasanya kurang tepat, mungkin kata maksimal lebih tepat. Wanita yang enggan melepaskan Levi, dan mulai merasa panik saat Levi yang selalu menurut serta mengalah padanya mulai berubah. 
**Saat Levi sudah mulai berani menyuarakan pikirannya yang selama ini ia pendam, aku bersorak dalam hati dan mengejek Jessica. 

* Elana, gadis biasa yang bekerja di resort yang menyimpan rahasia. 
Elana, kalau aku bilang seperti air es rasa nano-nano yang disiramkan ke Levi dan membuat Levi benar-benar menyadari bahwa perasaan Levi pada Jessica yang sudah terasa hambar. Interaksi yang terjalin antara Elana dan Levi seperti sirup cair yang bercampur dengan air, menyatu dengan mudah meski mereka baru kenal sesaat. 

Sesuai dengan cover novel ini yang bersender menikmati pemandangan di kolam renang resort yang berada di Danau Toba ini memang menjadi awal kisah yang melibatkan ketiga tokoh tersebut. Setting tempat sebagian besar juga terjadi di resort Danau Toba tersebut dan dijelaskan dengan sangat detail sehingga kita bisa membayangkannya dengan mudah. Setting waktu juga dijabarkan dengan baik. 


"... Dunia kadang punya selera humor yang ganjil, kan? ... " (hlm 278)

Semakin membaca novel ini, konflik di dalamnya semakin memanas. Entah Jessica yang tidak mau melepaskan Levi, hingga akhirnya terkuak rahasia pahit-yang pahitnya jauh lebih pahit dari pare dan cairan empedu, yang dipendam Elana selama ini. Bahkan, aku sebagai pembaca juga sampai tidak menduganya sama sekali. 

Novel ini seperti menunjukkan, bahwa penampilan luar seseorang yang terlihat sempurna pun, tidak menjamin di baliknya juga sama sempurnanya. Kita selalu menilai kehidupan seseorang dari apa yang kita lihat, kita tidak akan pernah tahu masalah atau rahasia terpendam  dari seseorang. Jadi kita harus bersyukur dengan kehidupan yang kita miliki sekarang. 

Novel ini menunjukkan sebuah cinta yang tulus, yang tidak memandang masa lalu dan menerima kekurangan pasangannya apa adanya. *Semoga suatu saat, aku bisa bertemu dan memperoleh cinta yang seperti itu. curcol. Lol. 

Kalau menurutku, novel ini terbilang fresh dari segi cerita. Jarang ada novel yang mengangkat kisah dari sisi gigolo. Untuk orang yang tidak suka cerita berbau gigolo ataupun tante girang, novel ini mematahkannya dan pasti kalian akan suka sama novel ini. 

Selain itu, seperti biasa, Kak Indah luar biasa piawainya merangkai kalimat di dalamnya. Aku suka sekali dengan tata bahasa Kak Indah. Kak Indah merangkai kata demi kata dengan ciamik. Namun perbedaan novel ini dengan novel Kak Indah yang kubaca sebelumnya, kosakata baru yang aku lihat dijelaskan dengan catatan kaki. 

Aku mau request extra part deh sama Kak Indah, biar masih bisa ketemu Levi, Jessica dan Elana lagi. Tapi memang, saking bagusnya novel ini, sampai aku gak sadar cerita ini sudah habis. Bahkan waktu mau berhenti baca saja, rasanya enggan. Namun bagaimanapun memang sudah waktunya berpisah dengan Levi, Jessica dan Elana. 

Novel ini direkomendasikan untuk usia 18+ oleh pihak penerbit dan aku setuju. Jadi mohon kebijaksanaanya dalam memilih bacaan. 
Kalau harga jualnya, yang tertera di buku sih kisaran RP 59.800,-. Kalian bisa ccari di toko buku di Indonesia atau TBO. 

Asmarandana, selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar