Minggu, 22 Juli 2018

[BLOGTOUR] Review NoveL Why Secretary Kim - Jeong Gyeong Yun [Blogtour + Giveaway]

Why Secretary Kim - Blogtour &Giveaway

 

Halo semuanya.. Siapa yang sudah nonton What's Wrong With Secretary Kim? Atau kalian tim yang menahan diri untuk nonton sampai tamat biar gak galau nungguin episode selanjutnya? Aku salah satu orang yang biasa menunggu dramanya selesai dulu, baru nonton.

Nah kalau ada novelnya nih. Kalian tim yang baca novelnya dulu baru nonton dramanya atau sebaliknya? Aku ada di barisan yang akan baca novelnya dulu.

Dannnnn... Khusus untuk kali ini, aku bakal kasih kalian review novel yang sudah diangkat ke layar kaca ini dan aku bakal memberikan sedikit perbandingan sih dengan versi dramanya, tentunya dari sudut pandang aku.

Seperti biasa, mari kita intip dulu blurb-nya yah.

Judul : Why Secretary Kim
Penulis : Jeong Gyeong Yun
Penerbit : Penerbit Haru
Jumlah Halaman : 394 hlm
Cetakan Kedua, Juli 2018

Lee Youngjun, Pria narsistik serba bisa ini adalah Wakil Presiden Yuil Grup terkenal dengan ketampanannya.


Hidupnya berjalan tanpa rintangan berkat bantuan sekretaris pribadi yang selalu siap siaga dan menyediakan kebutuhannya.

Wanita cantik dengan penampilan dan kemampuan sempurnanya ini bernama Kim Miso.

Dia sudah Sembilan tahun bekerja sebagai sekretarisnya, meski wanita itu juga terkadang merangkap sebagai sopir pribadi.


Namun, tiba-tiba Kim Miso mengundurkan diri.

Saat ditanya alasannya, Miso bilang dia ingin mencari pasangan hidup.



Lee Young Jun tidak menerima alasan itu.

Dia memberikan solusi yang brilian supaya wanita itu tidak mengundurkan diri menawarkan diri sebagai suami Kim Miso.



Namun, apakah benar itu alasan Miso?

Atau, ada hal lain yang wanita itu sembunyikan?


❦❦❦❦❦


"Ketidakmampuan dan ketidaktahuan akan ketidakmampuan itu adalah sebuah kesalahan."
Untuk awalnya, mari kita berkenalan dengan dua tokoh utama dalam novel ini.
  • Lee Youngjun, Wakil Presiden Yuil Group. Pria menawan dengan kemampuan yang luar biasa, yang mampu menguasai mata pelajaran apapun, olahraga, musik, dan sebagainya. Pria narsistik yang merasa dirinya berada di posisi paling tinggi dari semua pria. Pernah memiliki hewan peliharaan seekor anjing yang diberi nama Big Bang Andromeda Seupernova Sonic.
  • Kim Miso, sudah bekerja selama 9 tahun sebagai sekretaris pribadi Lee Youngjun, merangkap sebagai penasihat, stylish, sopir, bahkan rekan pesta Lee Youngjun. Pokoknya paket komplit. Memiliki penampilan dan kemampuan sempurna.
"Kenapa Sekretaris Kim... melakukan hal itu?" (hlm 10)

Novel ini dibuka dengan kebingungan yang dihadapi oleh Lee Youngjun.  Ia berpikir keras apa yang membuat Sekretaris Kim tiba-tiba memutuskan untuk berhenti bekerja darinya. Padahal interaksi mereka berdua sungguhlah biasa saja, layaknya atasan dan sekretarisnya yang sungguh kompeten dan mengerti satu sama lain. Tanpa sadar perlakuan mereka satu sama lain itu manis sekali namun tidak kentara. Jadi terkesan ambigu. Mereka berdua terlihat seperti pasangan suami istri yang sudah menikah selama puluhan tahun. Hubungannya terasa hambar namun sebenarnya masih peduli satu sama lainnya. Bahkan kedua orang tua Lee Youngjun merasa Kim Miso sangat cocok bersama dengan Lee Youngjun.

"Sebelum terlambat, aku juga mau pacaran dan menikah." (hlm 38)
Dengan menanamkan pikiran tersebut, Kim Miso memilih untuk berhenti bekerja. Namun sebenarnya, di sisi lain, Kim Mi So ingin menemukan jalan hidupnya. Ia sedang mencari seseorang yang tidak dapat diingat olehnya. Sosok anak laki-laki yang sering muncul dalam bunga tidurnya. Kim Miso curiga jika dirinya pernah diculik semasa ia kecil, namun keluarganya menyangkal itu semua dan Kim Miso bisa melihat kejujuran dari ucapan keluarganya itu. 

Sedangkan Lee Youngjun di satu sisi mulai merasa galau, enggan Kim Miso berhenti dari posisinya sebagai sekretarisnya. 

Kim Miso menjalankan niatnya dengan ketat menyeleksi daftar pelamar yang akan menggantikan posisinya tersebut. Saat tahap akhir rekrutmen sekretaris, Youngjun memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sulit. Cukup untuk membuat para pesertanya menelan ludah, lidah tak dapat bergerak karena tak dapat menjawabnya. Kalau aku yang digituin mungkin aku bakal nangis kejang di tempat :P

Untuk mempertahankan Sekretaris Kim tetap bekerja di Yuil Grup, Lee Youngjun bahkan menawarkan kenaikan jabatan. Tidak tanggung-tanggung, jabatan direktur dan berbagai fasilitasnya. Namun, semuanya ditolak oleh Kim Miso. 

"Aku akan mengizinkanmu berkencan denganku, tapi teruslah bekerja." (hlm 86)

Pantang menyerah, Lee Youngjun bahkan  menawarkan dirinya yang bernilai tinggi untuk berkencan dengan Kim Miso. Namun, usaha Lee Youngjun masih saja gagal. Hingga ia memakai strategi kutukan Blockbuster!

Kira-kira apa yah kutukan Blockbuster yang dimaksud Lee Youngjun? Kemudian, apakah rencananya akan berhasil? Selain itu, apa dugaan Kim Miso mengenai dirinya diculik semasa kecil bersama seorang anak laki-laki itu nyata atau hanya bunga tidur?

Alur bergerak maju mundur, didukung dengan setting waktu yang jelas sekali, jadi jangan takut kalian pusing membacanya. Setting tempat digambarkan dengan baik. Jalan cerita terasa wajar, tidak terburu-buru ataupun terasa lambat.

 Ide cerita bisa dibilang fresh. Konflik di dalamnya juga terbilang tidak ringan. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga. Romansa di dalamnya manis ala drama Korea, cukup buat senyum-senyum sendiri saat membacanya.

Novel ini memiliki lay out yang cantik. Terdapat catatan kaki yang digunakan untuk menjelaskan istilah-istilah yang digunakan.  Di dalamnya juga terdapat screenshoot chat mereka. Meskipun merupakan novel terjemahan, jangan takut kalau kalian akan kesulitan mencerna kata-kata yang digunakan di dalamnya.

Park Seo Joon and Park Min Young pict ©tvN


Lalu apa yang membedakan versi novel dengan versi dramanya?
- Nama perusahaan di novel adalah Yuil Grup, sedangkan versi dramanya Yumyung Grup.
- Menurutku, setting waktu di novel lebih jelas.
- Kalau di novel, konfliknya lebih berpusat pada si kedua tokoh utama. Sedangkan versi dramanya dibuat lebih melebar dan banyak karakter tambahan.
- Apa yang dirasakan oleh para tokoh di dalamnya lebih mendetail di dalam novel. Sedangkan di dalam drama, hanya bisa melihat dari raut wajahnya saja.
- Ada beberapa adegan yang tidak dimasukkan ke dalam drama, padahal kalau dimasukkan, menurutku akan membuat dramanya semakin menarik.
- Dari segi alur sedikit berbeda urutannya. Sampai episode 13 yang aku tonton, masih berkaitan dengan novel Why Secretary Kim yang pertama ini. Jadi tenang saja, kamu gak seperti menonton ataupun membaca kisah yang sama sebanyak dua kali.

Itu dari sudut pandangku. Nah, daripada kamu galau nungguin kelanjutan episode berikutnya atau nungguin tamat, kalian bisa baca versi novelnya dulu. Psst, kamu gak perlu galau nunggu kelanjutannya karena Why Secretary Kim 2 juga sudah terbit loh. 

Untuk Why Secretary Kim bisa kamu dapatkan di toko buku kesayangan kamu seharga Rp 95.000,-. Kalau masih bingung juga kalian bisa cari di toko buku online kesayangan kalian loh! Saranku sih kalian langsung beli bersama Why Seccretary Kim 2 -nya untuk kelanjutannya.

Novel dan drama ini lebih aku rekomendasikan untuk usia 17+. 

"Aku pikir kenangan adalah hal yang seperti itu. Meski sudah mengubur sesuatu dalam-dalam dan mencoba mengabaikannya, sebuah fakta tidak akan menghilang begitu saja." (hlm 177)
❣❣❣❣❣

GIVEAWAY TIME

Penerbit Haru sudah menyiapkan novel Absolute Justice dan novel Why Secretary Kim untuk yang beruntung. Giveaway akan diadakan di akhir rangkaian blogtour yang akan diadakan di facebook Penerbit Haru pada tanggal 28 Juli 2018.

Untuk kali ini, kalian dipinta untuk menuliskan salah satu quote favorit yang telah dituliskan oleh semua host blogtour di facebook Penerbit Haru. Gampang banget kan? Jangan lupa untuk follow InstagramTwitter dan lika page facebook dari Penerbit Haru. 

Yang mau follow akun Instagramku juga boleh @reviewbysiska :D. Kalau ada yang mau ditanyakan boleh DM ke IG aku. Jangan lupa mampir ke blog host yang lainnya yah!



Why Secretary Kim, selesai!

4 komentar:

  1. Wah ternyata ada versi novelnya ya, soalnya aku udah nonton versi dramanya :) pasti sama kerennya nih


    psst ... main juga ke blog aku yah http://theboochconsultant.blogspot.com/2018/07/review-giveaway-novel-catatan-hati.html

    BalasHapus
  2. Didalam novel ada biografi pengarangnya tidak??

    BalasHapus
  3. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2OW04Du

    BalasHapus