Kamis, 02 Juli 2020

Review Novel Fallen - Indah Hanaco

Fallen - Indah Hanaco




Judul : Fallen
Penulis : Indah Hanaco
Penerbit : Mahaka Publishing
Jumlah Halaman : iv + 316 hlm
Cetakan I, Februari 2019

Salah satu contoh cover cantik adalah nggak perlu pakai hiasan apapun, nggak peduli latarnya apapun, pas cekrek cekrek, difoto tetep cantik. Nah contohnya salah satu ini. Dengan cover seorang gadis dan lorong menuju ruangan, kesannya kayak cover film action atau justru berbau thriller?
Tapi selalu ada istilah "Don't judge the book by it's cover", novel ini bergenre Romance. Covernya cukup menarik hati dan bikin penasaran. Bener gak gengs?
Gadis berkepang itu mungkin gambaran salah satu tokoh utama dalam novel ini yang berwajah blaster yakni Velma. Penasaran siapa sih Velma itu? Kita bahas besok yah gengs! Nah, untuk hari ini aku kasih sedikit quote yang ngena banget dari novel ini. Cekidot!

"Aku hanya akan menikah dengan orang yang mencintai dan kucintai."

"... Percayalah, kejujuran dan keterbukaan sering sekali menjauhkan kita dari masalah di kemudian hari. ..."

"Manusia kadang memakai topeng yang ditunjukkan ke seluruh dunia, demi menutupi wajah aslinya. Makanya kamu harus selalu hati-hati. Bukan berarti paranoid, tapi supaya bisa mencegah hal-hal buruk terjadi."

"Manusia itu jauh lebih mulia dibanding hewan, tapi kadang hewan sendiri pun tak sebuas manusia."

Jadi, dari quote di atas, mana yang jadi favorit kamu?

Mari kita berkenalan dengan Velma.


Velma ini bukan teman satu geng Scooby Doo pastinya. *apasih Sis, garing* 😂

Velma adalah gadis yang saat ini berusia 28 tahun yang dibesarkan di panti asuhan sejak lahir. Memiliki wajah blaster dan yang pasti cantik. Tapi memiliki prinsip untuk menjaga jarak dengan orang lain agar tak pernah benar-benar dekat dengan seseorang. Itu karena Velma kecil yang merasa dibuang oleh kedua orangtuanya, dan ejekan yang diterimanya saat di sekolah. Yah, biasalah diejek karena sedikit berbeda di lingkungannya, padahal mah cantik dari lahir.

Gadis cantik yang memiliki nama lengkap Siska eh salah 🙈, maksudnya Velma Lilian merupakan gadis yang cerdas, hidupnya lurus, kuat dan tangguh.👊💪💪

Tapi ada yang aneh. Sesetrong-setrongnya seorang perempuan, setangguh-tangguhnya perempuan, Velma justru tidak merasa sedih saat Tuhan mengambil hidup orang yang akan menikahinya. Velma justru merasa lega? Ada apakah ini???? Saya mencium sesuatu yang janggal. 🤔Apakah ada pihak ketiga? Atau Velma ada kaitannya dengan kematian sang calon suami? *jeng jeng, zoom in zoom out ala sinetron, bersambung.. Nggak dinggg..



Nah saatnya aku memperkenalkan salah satu tokoh prianya. Sebenernya nggak rela sih memperkenalkannya. Biar bisa dikekep sendiri aja gitu buat aku 😂

Mari berkenalan dengan Josh Kadmiel, si pria nekat. Kenapa aku bilang nekat? Karena dengan nekatnya si doi ngajak Velma untuk menikah, padahal almarhum tunangan Velma baru meninggal beberapa hari yang lalu. Dannnnnn... Almarhum tunangannya itu adalah sahabatnya sendiri. Wah gila sih, kalau nggak tahu, bisa ngira mereka ada main di belakang sebelumnya. Tapi nggak kok, Josh itu adalah seorang arkeolog yang baru datang dari Jerman beberapa hari sebelum almarhum tunangan Velma meninggal.

Josh itu sebenarnya penyayang, terbukti sayang juga sama mamanya. Setia, penyabar tapi juga keras kepala. Kalau sudah punya kemauan, Josh bakalan selalu berusaha untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

Pria yang sudah berusia 32 tahun ini sebenarnya merupakan tipe laki-laki yang enggan mengikatkan diri pada komitmen, tapi tiba-tiba melamar Velma. Apakah ada udang di balik batu?


Ada yang penasaran dengan konflik dalam novel ini?

Konflik yang diangkat sebenarnya terbilang umum, tapi dikemas dengan karakter para tokoh dan cara menyikapinya, alur dan cara penulisan yang membuat konflik dalam novel ini tetap menarik untuk dinikmati.

Konflik diawali dengan meninggalnya tunangan Velma akibat kecelakaan. Namun Velma berhasil mengenakan topeng padahal ia merasa muak dengan tatapan iba dari orang-orang dan ucapan penghiburan yang diterimanya. Tidak ada yang tahu sebenarnya di dalam hati Velma bersyukur atas kematian Evan -tunangannya itu. Kejam? Kalau kalian tahu apa yang terjadi sesungguhnya, mungkin kalian akan setuju dengan sikap Velma atau justru memuji kebaikan Velma. Kalau aku jadi Velma, behhh nggak bakal ada kata ampun.

Di hari pemakaman Evan pula, Velma bertemu dengan Josh dan berkenalan dengannya. Awal melihat Josh pun, Velma sempat semacam jadi tak sadarkan diri untuk beberapa saat. Tapi bukan sejenis perasaan jatuh cinta. Setelah bertemu beberapa kali, Josh justru mengajaknya untuk menikah. Velma tentu menolaknya, apalagi makam Evan pun masih basah. Selain itu, Velma hanya ingin menikah dengan orang yang mencintai dan dicintainya. Tapi Josh tidak menyerah, dan terus mengejar Velma. Hingga akhirnya Josh menggunakan kartu truf yang ia sendiri belum ketahui kebenarannya, yakni kehamilan Velma. Pada akhirnya Velma setuju, namun setelah menikah, Velma dihadapkan pada berbagai tekanan. Tekanan mengenai kehamilannya, perasaan bersalah ada keluarga Josh yang menyambutnya dengan sepenuh hati, pikiran mengenai Josh yang hanya mengasihaninya dan entahlah. Semua pikiran dan ketakutan Velma ditambah masa lalu Velma yang perlahan terkuak.

Jadi bagaimana kehidupan pernikahan Velma dengan Josh?

Novel ini mengambil setting tempat di Bogor, meskipun kota Bogor itu sendiri tidak dijabarkan dengan detail, setting tempat dijabarkan dengan sangat baik oleh penulis.
Setting waktu tidak terlalu dijelaskan secara mendetail, namun didukung dengan cara penulisan yang baik sehingga aku sebagai pembaca tahu setting waktu yang dimaksud oleh penulis. Di novel ini, penulis menggunakan alur maju mundur.

Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang ketiga.
Novel dengan cover cantik ini juga didukung dengan lay out yang cantik ❤, selain itu novel ini sedikit menyinggung dunia arkeologi yang jarang diangkat menurutku. Ditambah didukung catatan kaki menjelaskan istilah yang digunakan.

Novel Fallen ingin menunjukkan bahwa :
*dalam mengambil keputusan jangan saat sedang emosi
*berdamai dengan masa lalu merupakan salah satu cara untuk hidup lebih bahagia
*ketidakjujuran justru akan menghantui karena rasa bersalah dan menyiksa diri sendiri
*terkadang orang selalu menilai langsung apa yang tampak di depan mata, tanpa tahu apa yang terjadi sebenarnya dan menghakiminya sesuai dengan keinginan mereka. Padahal mereka tidak tahu apa yang sesungguhnya terjadi atau alasan di baliknya serta efek samping yang ditimbulkan dari penilaian mereka.

Secara keseluruhan aku menikmati kisah Velma dan Josh yang didukung dengan cara penulisan, alur, karakter para tokoh serta jalan cerita mereka yang cukup mengejutkan. Bahkan aku sempet nangis di bagian menjelang akhir.

Jangan sampai nggak kenalan sama Velma dan terutama Josh! Karena kalian mungkin akan langsung klepek-klepek sama Josh 🙈.

Fallen, selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar