Kamis, 02 Juli 2020

Review Novel You Had Me At Hello - Indah Hanaco

You Had Me at Hello - Indah Hanaco




Judul : You Had Me at Hello

Penulis : Indah Hanaco
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Jumlah Halaman : 354 hlm
Cetakan Kedua, April 2016

Inanna mungkin masih terlalu muda untuk membuka pintu yang membawanya pada pernikahan. Namun berbagai kecerobohan membuat gadis itu tidak punya pilihan. Inanna memilih menghabiskan sisa hidupnya bersama Alistair.

Cinta berhadir begitu dia menantang mata sewarna biru es itu. Harapan dilambungkan ke langit, sutau saat nanti inanna bisa bukankah mereka terikat sumpah di depan Tuhan?

Tapi apa jadinya saat inanna tahu kalau Alistair cuma menganggapnya wujud kepingan masa lalu? Percayalah, cinta takkan pernah semenyenangkan itu.

☘☘☘☘☘



Innana dan saudari kembarnya-Zora, berbuat ulah. Selain suka tidak sadarkan diri saat menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, mereka berulah dengan membuat keributan di salah satu klub. Membuat sang ayah akhirnya mengambil keputusan untuk menyita kartu kredit mereka dan akan menjodohkan mereka. Ucapan sang ayah tidak main-main, suatu hari sepulang kuliah, sudah ada dua keluarga pria yang datang untuk diperkenalkan pada mereka. Zora sih senang saja dengan Winston-pria yang dijodohkan dengan Zora. Berbanding terbalik dengan Ina yang dijodohkan dengan Martin. Awalnya, Martin menawarkan pertemanan, tapi lama kelamaan Martin menunjukkan wujud aslinya yang ramah alias rajin menjamah dan agresif.

Di satu sisi, Ina yang sedang kabur dari acara makan malam bersama Martin malah celaka karena menabrak mobil mewah karena nekat menerobos lampu merah. Tapi yang mengherankan, baik keluarga korban, sahabat korban, termasuk korban yang ditabraknya itu seperti sedikit terkejut saat melihat Ina. Bahkan Alistair-pria yang mobilnya ia tabrak, menatapnya seperti sedang memperhatikan pori-pori wajah Ina. Bahkan mereka semua tidak menuntut ganti rugi, dan justru menanggung biaya perbaikan mobil Ina.

Sampai kedua orang tua Alistair meminta Ina untuk menikah dengan Alistair. Tentu Ina terkejut, tapi setelah melalui pertimbangan yang alot, agar sekaligus bisa melepaskan diri dari Martin, akhirnya Ina menyetujui untuk menikah dengan Alistair. Memang mereka menikah belum dilandasi rasa cinta, perlahan Ina mulai jatuh dalam pesona Alistair, hingga suatu saat Ina mengetahui alasan sesungguhnya Alistair setuju untuk menikah dengannya, alasan di balik kedua orang tua Alistair memintanya menikah dengan Alistair. Kira-kira apa alasannya?




Secara keseluruhan, tema, latar belakang, konflik di dalamnya memang terasa umum. Tapi menurutku, penulis mampu mengemasnya jadi menarik dan tetap membuat aku sebagai pembaca ingin terus mengetahui kelanjutan ceritanya.

Alur bergerak maju dan jalan cerita terasa pas. Tidak terlalu cepat ataupun lambat.
Sudut pandang yang digunakan 2/3 menggunakan sudut pandang orang ketiga. 1/3 bagian menggunakan sudut pandang orang pertama dari sisi Inanna, yang membuat aku dapat menyelami apa yang ada di dalam pikiran sang tokoh utama.
Mengambil setting tempat di Jakarta dan sedikit di Florence, setting tempat di Florence dijabarkan dengan sangat baik, membuat aku seakan ikut berada di sana.
Setting waktu dijabarkan dengan cukup baik.
Desain, cover, lay out, semuanya tjakepppp!
Hanya saja, aku merasa perubahan karakter Inanna yang terlalu cepat. Itu menurutku.

Novel ini ingin menunjukkan rasa percaya dan kejujuran sangat diperlukan dalam menjalin hubungan. Dan jangan lupakan berkomunikasi.


You Had Me at Hello, selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar