Selasa, 02 Oktober 2018

Review E-book Thy Will Be Done


Judul : Thy Will be Done
Penulis : Diego Christian
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 216 hlm
2015
Dibaca via : @ijakarta.id

Sembari menunggu novel ini wujud fisiknya datang ke pelukanku, aku memutuskan untuk membaca e-book-nya saat melihat novel ini di kategori fiksi iJakarta. Sedikit penasaran dengan blurb yang tersaji. Ada kata 'nazar' dan 'Pencipta', membuat beberapa spekulasi mengenai jalan cerita novel ini. Sewaktu mulai membaca, aku disadarkan bahwa dugaanku melenceng.

Membaca novel ini, rasanya menyentil sekali. Seperti pengingat bahwa kamu pernah membuat nazar pada Tuhan saat menginginkan sesuatu, dan setelah mendapatkannya, justru melupakan nazar itu sendiri bahkan melupakan Tuhan.

Penulis menggunakan sudut pandang orang pertama dan menulisnya dengan baik sekali, sehingga berhasil membuat aku sebagai pembaca larut di dalamnya.
Alur bergerak maju dan jalan cerita terasa wajar, pas dan tidak terburu-buru.
Ide cerita sangat fresh dan konflik di dalamnya terhitung berat.
Tokoh-tokoh di dalamnya konsisten.
Novel ini menunjukkan kehidupan adalah sebuah perjalanan, tidak akan selalu mulus. Pasti akan ada orang-orang yang tidak menyukai keputusan dan pilihan kita. Tapi keputusan dan pilihan ada di tangan diri kita sendiri dalam menentukan jalan hidup kita.
Kita diajak untuk menghargai keberadaan orang - orang di sekitar kita, sebelum akhirnya kita menyesal di saat mereka sudah tidak ada di sisi kita.

Kelebihan :
- Novel ini menyelipkan kisah dalam Alkitab dan ajaran umat Kristiani di dalamnya.
- Sedikit menyelipkan adat tradisi Batak di dalamnya.
- Terdapat catatan kaki yang menjelaskan istilah yang berkaitan dengan dunia penyiaran, sehingga tidak bingung saat membacanya.
- Novel ini menghadirkan tokoh utama yang jauh dari kata sempurna, di mana sang tokoh utama jauh dari jalan hidup yang lurus dan berusaha untuk memenuhi nazar pada ayah dan Tuhan-nya.
- Konflik di dalamnya relevan dengan kehidupan sehari-hari dan penyelesaian konfliknya terasa masuk akal.
- Bukan hanya membahas percintaan, tapi juga keyakinan, berserah.

Thy Will be Done, selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar