Senin, 30 April 2018

[BLOGTOUR] Bincang Ringan Bersama Yoana Dianika - Penulis Strings Attached

Strings Attached Blog Tour - Day 1


Hai gengsss.. Hari ini aku kembali dengan novel terbitan Roro Raya Sejahtera yang juga dikenal sebagai Twigora. Aku mau mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang kembali diberikan oleh Twigora untuk dapat me-review salah satu novel yang diterbitkannya, yakni novel Strings Attached. Aku gak sabar untuk share ke kalian semua mengenai novel yang satu ini. *Serius, gak pake bohong. 

Selama tiga hari ke depan dan dimulai dari hari ini, Strings Attached Blog Tour akan berlangsung di blog aku. Untuk hari pertama, mari kita mengenal terlebih dahulu dengan penulis dari novel Strings Attached ini. 

Yoana Dianika
Kakak cantik satu ini bernama Yoana Dianika dan merupakan penulis dari novel Strings Attached. Penulis yang mengaku sebagai Japan freak ini (tapi bukan otaku yah), telah menulis beberapa judul novel dan salah satunya yang berjudul The Chocolate Chance, sudah pernah diangkat ke layar lebar. Hebat banget yah Kak Yoana. Kak Yoana juga merupakan cosplay enthusiast, amateur photographer, art freak, Slytherin pride serta dark gothic wanna be.  Bagi kalian yang mau kepo-in atau penasaran sama Kak Yoana, boleh di follow (Instagram dan Twitter), add (FB Page) ataupun subscribe (Youtube Channel) akun kak Yoana di @cerberus404 . Sok atuh di follow, add dan di subscribe yah. Hehehehe.. 

Dan good news-nya, aku berkesempatan untuk sedikit tanya-tanya sama Kak Yoana seputar novel Strings Attached ini. Berikut rangkuman hasil wawancara ku dengan Kak Yoana.

1.  Butuh waktu berapa lama untuk Kak Yoana merampungkan novel Strings Attached dan apa saja kesulitan dalam menulis novel ini?
Draft naskah ini selesai kurang lebih tiga bulanan. Intinya, molooor banget dari target Bang Ino, karena sempat ‘kesandung’ berbagai hal, hiks. Kesulitan dalam menulis... mungkin risetnya, yang lebih dalam daripada novel-novelku sebelumnya. Di sini aku melibatkan banyak komponen mulai dari medis, kepolisian, hingga penyanyi.
Wahhh.. Untuk novel ini melibatkan banyak komponen gengs dan tentunya dengan riset pula. Sudah bisa dibayangkan kalau novel ini bukan novel yang biasa saja kan, gengs? Oh ya, Bang Ino yang dimaksud oleh Kak Yoana adalah Bang Christian Simamora (namanya pasti sudah gak asing juga buat kalian, beliau juga telah menulis beberapa judul buku) yang berperan sebagai Proofreader untuk novel Strings Attached.

2. Apa latar belakang Kak Yoana memilih genre musik Rock sebagai genre musik utama di novel kakak ini?
Rock itu unik, menurutku. Lagunya lebih emosional, merangkum berbagai perasaan dan nampol. Dari sana jadi penasaran, sebenarnya kehidupan orang-orang yang lagunya aja ‘menyayat’ begitu kayak gimana sih? J
Untuk yang mau baca novel ini, boleh juga loh sambil diputar lagunya. Lagunya asik-asik sih. 

3. Di dalam novel ini terdapat beberapa lirik lagu yang dinyanyikan oleh band I Rock You , Kak Yoana mendapat inspirasi dari mana untuk menulis lirik lagu tersebut? Apa berniat untuk dijadikan bentuk nyata yang dapat didengar oleh para pembaca? 
Lirik lagunya malah terinspirasi setelah draft tokoh-tokohnya lahir. Jadi sedikit banyak terinspirasi dari kehidupan setelah para tokoh dalam novel ini ‘lahir’. Dan, pengin banget ada bentuk full lagu (plus musik dan instrumennya) dari lagu ini. Sebenarnya waktu lirik selesai ditulis, sempat juga diaransemen teman yang punya band. Tapi... kayaknya bakal seru ya misal ada audisi bikin aransemen dari lirik ini, dan diadakan Twigora (ngedipin Roro) wkwkwkw.
Setuju kak, boleh deh kayaknya diadakan audisi karena aku penasaran dan mau banget dengerin lagu-lagu yang dibawakan band I Rock You dan Arletta . Dan menurutku, novel ini akan seru banget kalau sampai diangkat ke layar lebar. Amin. 

4. Adakah sosok di dunia nyata yang menginspirasi Kak Yoana untuk membentuk tokoh Arletta dan Kazuki? Kalau ada, siapa?
Kazuki, ada. Secara nama... terinspirasi dari seseorang yang namanya sering muncul dalam novel-novelku. Selebihnya terinspirasi Taka, One Ok Rock XD
Sementara itu, Arletta, kalem dan dewi banget, kalau Indonesia—entah kenapa—pas itu muncul Raisa, lalu lahir-lah Arletta :p 
Nah gengs, kalau kamu kesulitan membayangkan suara Arletta, kamu bisa membayangkan sosok Raisa. 

5. Siapa karakter favorit Kak Yoana dalam Strings Attached dan adegan yang paling kakak sukai dalam novel ini apa? 
Karakter favorit... jelas Jo! Suka sama karakter yang enggak pernah menyerah sama impian dan juga cintanya #halah XD Lalu adegan favorit... ketika Arletta dan I Rock You duet spontan nyanyi lagu Rayuan Pulau Kelapa ^^
Sudah mulai penasaran gak gengs sama novel karya Kak Yoana yang satu ini? Besok aku akan post review Strings Attached dari sudut pandang ku yah gengs. Ditunggu yah ;))


Buat yang mau kepo, review Strings Attached lainnya, kalian bisa cek di link di bawah ini
30 APRIL – 2 MEI 2018 : SISKA
Url blog : reviewbysiska.blogspot.com

3 - 5 MEI 2018 : GABRIELLA HALIM
Url blog : whatsgabyread.blogspot.com

6 - 8 MEI 2018: AYA MURNING
URL Blog: https://murniaya.wordpress.com

9 – 11 APRIL 2018: OKTABRI
Url blog: https://irbatko.wordpress.com/

12 – 14 APRIL 2018: FITRA AULIANTY
Url Blog: www.mydreamlandstories.blogspot.com

15 - 17 APRIL 2018: SRI SULISTYOWATI
Url Blog: 
https://www.kubikelromance.com/


15 komentar:

  1. Ceritanya seru kayaknya yakak, tentang musik-musik gtu...

    BalasHapus
  2. Ceritanya seru kayaknya yakak, tentang musik-musik gtu...

    BalasHapus
  3. Baru kemarin baca di Wattpad yang tokohnya ngfans banget sama One Ok Rock, eh ini lagi jadi inspirasi buat String Attached. Kayane perlu browsing band itu deh ya....penasaran :D

    BalasHapus
  4. Selalu suka dengan karya kak Yoana. Favorit saya the chocolate chance dan Soba ni itu Yo. Mantap sekali itu novel.

    BalasHapus
  5. Semoga ada kesempatan buat saya dapatkan novel ini. String attached ini. Pertama kali diterbitkan di twigora dan sepertinya benar benar keren. Penasaran banget kakak sama Kazuki dkk.

    BalasHapus
  6. Jarang banget sebenarnya penulis yang pilih genre "rock" dalam sebuah novel, biasanya kan klasik atau pop band gitu. Menarik banget sih kayaknya

    BalasHapus
  7. Itu nyanyi Rayuan Pulau Kelapa? Gimana bayanginnya ya?πŸ˜…

    BalasHapus
  8. Aku kepo sama lagu-lagu I Rock You masa' :D

    BalasHapus
  9. Novel ini melibatkan banyak komponen, dan diantaranya ada medis dan kepolisian. Wahh, sepertinya sangat menarik. Apalagi tokoh cowoknya penyanyi rock. Saya belum pernah baca novel dengan tokoh cowok penyanyi rock ^^

    BalasHapus
  10. Aku belum pernah baca novel karyanya ka yoana. Tapi dari bincang-bincang ini aku jadi penasaran gimana ceritanya, ditambah latar yg diambil adalah genre musik rock yg masih jarang dipakai buat cerita cerita dalam novel.

    BalasHapus
  11. Setuju sih kalau musik rock itu paling emosional. Entah itu lagu galaunya atau lagu cerianya, musik rock membuat pesannya lebih jleb dan nggak terkesan cengeng.

    Ah, jadi makin penasaran kan gara-gara mengangkat musik rock dalam novel ini.

    BalasHapus
  12. Sebelumnya seneng bisa dikenalin ke Kak Yoana sama Kak siska. Kak yoana ini sepertinya asyik di ajak ngobrol, apalagi kalo ditanya tokoh favorit langsung d borong dari A sampai Z. Aku baru tau kak Yoana, dan belum pernah baca novelnya. Bagiku, kak Yoana masih asing ditelingaku whehe.

    BalasHapus
  13. Enjoy banget baca wawancara kak siska sama kak yoana. Sedikit banyak informasi tentang novel Strings Attached. Aku kepo sama arti judulnya dan keterkaitannya antara judul dengan novel. Aku langsung fokus pada poin lebih di novel ini, yaitu tentang genre musik rock yang digunakan sebagai genre musik utama di novel ini. Jarang banget kan ada penulis yang mengusung tema musik rock. Aku masih ngebayangin gimana Arletta si tokoh fiksinya RaisaπŸ˜‚πŸ˜‚ nyanyi bareng sma band I Rock You dg lagu Rayuan Pulau Kelapa, ini dinyanyiin dengan genre rock kah? Kalk iya gk bisa ngebayangin dahπŸ˜‚πŸ˜‚. Fix, aku tertarik utk membacanya.

    BalasHapus
  14. Wah terinspirasi dari grup rock ternyata, dan ka Yoana hebat naskahnya cuman 3 bulan aja! Kerenn πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  15. Musik rock sebenernya 'bukan aku banget'tapi semua tentang musik sangat menarik! Tentunya penasaran dong sama novel ini. Lebih greget dari novel-novel tema musik lainnya.
    Aku juga suka beberapa lagunya One Ok Rock :)

    BalasHapus