Jumat, 20 April 2018

[BLOGTOUR] Review Novel Baby Daddy - Dahlian

Baby Daddy Blog Tour - Day 2



Seperti janjiku kemarin, aku akan memberikan review dari sudut pandang aku. Tapi sebelumnya, yuk kita ulik sedikit mengenai Baby Daddy.

Judul : Baby Daddy
Penulis : Dahlian
Penerbit : Roro Raya Sejahtera
Jumlah Halaman : iv + 424 hlm
Cetakan Pertama, 2017

TAGLINE:

KETIKA AKU MEMPERTANYAKAN CINTA, KAU HADIR SEBAGAI JAWABAN.



Blurb:



APA KAMU TAHU BAYI CUMA BISA MENANGIS,

TIDUR, DAN BUANG AIR?



Bukan sekali dua kali Bramasta hampir ingin melambaikan bendera putih karena pengetahuannya yang kelewat minim tentang merawat bayi. Meskipun begitu, satu hal yang pasti, dia tak akan menyerah demi Dona—Baby D-nya.

Ketika menemukan bayi itu tergeletak menangis dalam keranjang depan rumah, dia bersumpah tak akan membuat Baby D merasa terbuang seperti masa kecilnya dulu. Namun, di sisi lain, Bramasta juga sadar dirinya butuh bantuan... meskipun itu berarti dia harus minta tolong ke tetangga barunya yang sangat menyebalkan.




BABY D IMUT DAN MENGGEMASKAN SEKALI.
DADDY-NYA? NOT SO MUCH!

Kaynara meyakinkan dirinya kalau dia mau repot-repot membantu seperti ini hanya karena Dona—bukan Bramasta. Untuk waktu yang cukup lama, dia merasa ambisi Bramasta merawat Baby D itu kelewat konyol. Namun, hari demi hari, Bramasta terus memperlihatkan keteguhannya. Hanya dengan belajar sebentar saja, dia segera terampil mengganti popok Baby D, memandikannya, bahkan menggendongnya hingga berhenti menangis. Meski begitu, masih ada sejumlah pertanyaan yang mengusik Kaynara sampai sekarang: siapa orangtua Baby D sebenarnya? Benarkah memang bukan anak Bramasta seperti pengakuannya selama ini?
Ada lagi pertanyaan yang lebih penting: kenapa dadanya berdesir setiap kali berada di dekat Bramasta dan Baby D? Apakah benar ini hanya kekaguman atau spektrum perasaan lain yang enggan Keynara akui?

⚜⚜⚜⚜⚜




Bagaimana gengs setelah kamu membaca blurb dari novel ini? Tentu saja kamu sudah pasti membayangkan loveline di antara Kaynara-si dokter anak dan Bramasta-finance manager. Bisa dibilang kisah pertemuan mereka berdua diawali dengan kebencian yang bermula karena masalah sampah. Lah kok bisa? Ya bisa, kalau kamu dihadapkan pada Bramasta yang membuang sampah pada tempatnya tapi tidak di tempatnya. Eh eh, gimana nih maksudnya? 

Jadi Bramasta ini membuang sampah di luar bak sampah tertutup baja yang disediakan dan mengakibatkan para kucing liar serta tikus-tikus yang lucu di mata keluarga tikus itu sendiri bermunculan mencari sesuap makanan dari sampah yang ditinggalkan Bramasta. Terjadilah konfrontasi antara Kaynara yang baru pindah di komplek tersebut beberapa hari dengan Bramasta, karena Kaynara sudah tak tahan lagi melihatnya. Bahkan Kaynara merencakan balas dendam pada Bramasta.

Semenjak itu Bramasta men-cap Kaynara sebagai perempuan cantik yang galaknya seperti ibu tiri dan menganggap Kaynara juga gila. Sedangkan di mata Kaynara, percuma saja Bramasta mempunyai wajah tampan jika tidak memilki kepribadian yang baik. Seperti wawancara aku dengan Kak Dahlian kemarin, bahwa novel Baby Daddy ini tidak hanya fokus pada proses cinta antara dua tokoh utama, akan tetapi ada tokoh ketiga yang memegang peranan besar. Kalian sudah pasti bisa menebaknya kan yah? 

Manusia gila mana yang telah memilih rumahnya sebagai tempat membuang anak?   (hlm 28)
Yuph, kemunculan seorang bayi yang sangat cantik dan mampu mencuri perhatian setiap orang yang melihatnya, yang diberi nama Dona atau akrab dipanggil Baby-D. Tapi sebenarnya siapakah Baby-D ini? Kecurigaan sementara Kaynara yakni Dona adalah anak dari Bramasta. Tapi apakah itu benar? Selain itu, muncul Kevin dan juga Tanti dalam kehidupan mereka. Sebenarnya siapa mereka berdua itu? 

"... Bahwa cinta hanyalah luka yang berbalut ilusi kebahagiaan." (hlm 372)


Meskipun kalian melihat jumlah halaman novel ini cukup tebal, tapi tenang saja, saat membaca novel ini terasa ringan sampai tidak sadar waktu membacanya. Tahu-tahu sudah habis saja bacanya karena terlalu larut dalam membacanya. Sudut pandang yang digunakan penulis adalah sudut pandang orang ketiga. Alur bergerak maju dan lambat. Meskipun berjalan lambat, tapi semua terasa pas alias wajar, tidak ada kesan diburu ataupun terburu-buru dan tentunya masuk akal. Setting tempat dan waktu dijelaskan dengan baik. Pertanyaanku terjawab seiring membaca jalan cerita. Konflik di dalamnya terbilang tidak terlampau banyak dan berhasil dibuat greget melihat tingkah Kaynara dan Bramasta yang seperti tarik ulur di antara keduanya.

Kelebihan novel ini, antara lain:
  • Konflik di dalamnya tidak hanya soal cinta di antara sepasang pria dan wanita, melainkan cinta orang tua kepada anaknya, dan beberapa permasalahan yang sebenarnya tidak sedikit terjadi di Indonesia. Nah yang penasaran apa saja, kalian bisa baca novelnya.
  • Kalau biasanya novel melibatkan hubungan antara CEO dengan bawahannya ataupun CEO dengan dokter, kali ini melibatkan pegawai kantoran-Bramasta dengan dokter anak-Kaynara. Terkesan masuk akal sesuai dengan usia tokohnya.
  • Ada catatan kaki yang menjelaskan istilah medis yang digunakan di dalamnya, jadi jangan takut kalau kamu tidak mengerti membacanya.
  • Saat awal membaca, rasanya seperti baca kisah serupa yang sudah umum. Tapi tidak butuh waktu lama untuk dibuat jatuh cinta pada kisah Bramasta dan Kaynara.Kalau kamu gak baca lebih jauh, yah kamu gak tahu apa yang membuat cerita ini berbeda dari yang lainnya. 
  • Teknik mengurus bayi dijelaskan cukup detail, jujur aku yang tidak pernah mengurus bayi jadi punya sedikit ilmu mengenai teknik mengurus bayi setelah membaca novel ini.

Kelemahan novel ini, antara lain:
  • Sudah termasuk puas sih ceritanya, tapi aku masih mengharapkan ada satu chapter lagi. Extra part gitu kak, mau jelasin request extra part tentang apa tapi nanti jadinya spoiler :'). *banyak nuntut nih Siska. Lol. 
  • Seperti yang aku bilang tadi, sedikit di bagian awal terkesan umum, hampir sama dengan kisah dalam ftv. Tapi memang tak kenal maka tak sayang, setelah baca lebih lanjut memang ada yang membuat novel ini berbeda.
Novel Baby Daddy ini bisa kamu dapatkan di toko buku dengan harga Rp94.000,-. Kalau kamu takut di toko buku yang kamu kunjungi, tidak tersedia, kamu bisa beli di instagram penerbit @twigora atau 
@twigorashop. Bebebrapa toko buku online juga seharusnya menjualnya.

Novel Baby Daddy ini aku rekomendasikan untuk 21+ sesuai dengan anjuran pihak penerbit. Yah aku kasih keringanan lah, 20+. (Jiah pakai korting segala). Kebetulan besok akan diadakan giveaway yang dipersembahkan oleh pihak penerbit Twigora. Nah salah satu kriterianya adalah minimum usia 20 tahun. Untuk kriteria lainnya, tunggu post aku besok yah.

Baby Daddy, selesai!



⚜⚜⚜⚜⚜

Oh ya, biasanya Twigora memberikan tantangan untuk melakukan photo challenge dan tema kali ini gendong boneka, maka kali ini keluarlah boneka masa kecil yang bikin aku takut. Hahaha.. Nah ini pose ku ala Kaynara dengan lesung pipinya. Lol. Jangan kaget yah Kaynara-nya agak bengkak. Lol




9 komentar:

  1. Dalam review di blog sebelumnya hanya fokus ke tiga tokoh utama, Bram, Kaynara dan Baby D. Di sini baru tahu ada tokoh lain, Kevin dan Tanti. Jadi penasaran apa peran mereka. Apa hanya berkaitan dengan Bram-Kay atau juga berhubungan dengan Baby D?

    BalasHapus
  2. Gak sekedar berfiksi ria, catatan kaki terkait istilah medis dan part cara urus bayi bisa kadi tambahan ilmu buat pembaca. :)

    BalasHapus
  3. Okey makin merasa teracuni setelah baca reviewnya ini. Ternyata ada konflik tentang keluarga juga. Ada hubungan apa sama kemunculan kevin dan tanti itu yak . Orangtua baby D kah? Cuma bisa menebak nebak deh.

    BalasHapus
  4. setelah baca review yang ini makin penasaran sama ceritanya. awalnya aku gak tertarik loh sama novel ini. wkw aku mau nebak klo kevin sama tanti itu orang tua kandung baby D, cuma nebak sih

    BalasHapus
  5. Awal kisahnya memang sederhana sekali ya, apalagi melibatkan sampah, yang memang banyak terjadi di sekitar kita tapi jarang diangkat dalam sebuah cerita. Kak Dahlian memang sangat jeli memasukkan hal sepele ini namun menjadi menarik ketika menjadi bagian dari suatu cerita.

    BalasHapus
  6. Aku gak bisa bayangkan kisah dokter dengan finance manager. Dua profesi yg bertolak belakang dan sikap Bramasta yg memang mencurigakan. Kenapa mau merawat anak org meskipun kasihan atau sebagainya. Foto kak siska mengendong boneka sungguh buat aku nightmare karena aku waktu kecil juga ada boneka berbulu merah dan wajahnya aku coret coret pakai lipstik mama. Sehingga boneka milikku tsb menjadi menakutkan.
    Memang seharusnya bila sudah tertulis 21+ berarti untuk dewasa maka diharapkan pembeli atau pembaca bijak dalam membeli buku bacaan. Karena buku bacaan bisa membawa pengaruh positif maupun negatif. Tergantung pada pembacanya.
    Terima kasih ulasannya Siska 😊

    BalasHapus
  7. Aku gak bisa bayangkan kisah dokter dengan finance manager. Dua profesi yg bertolak belakang dan sikap Bramasta yg memang mencurigakan. Kenapa mau merawat anak org meskipun kasihan atau sebagainya. Foto kak siska mengendong boneka sungguh buat aku nightmare karena aku waktu kecil juga ada boneka berbulu merah dan wajahnya aku coret coret pakai lipstik mama. Sehingga boneka milikku tsb menjadi menakutkan.
    Memang seharusnya bila sudah tertulis 21+ berarti untuk dewasa maka diharapkan pembeli atau pembaca bijak dalam membeli buku bacaan. Karena buku bacaan bisa membawa pengaruh positif maupun negatif. Tergantung pada pembacanya.
    Terima kasih ulasannya Siska 😊

    BalasHapus
  8. Aku kepo bagaimana seorang lelaki yang nggak biasa mengurus bayi ini bakalan kerepotan atau malah dia happy ngurus bayi yang lucukk ini. Baca reviewnya bikin penasaran banget!

    BalasHapus
  9. Huwaaaa... Baca reviewnya semakin penasaran, aku ikutan GA tapi mungkin gak akan lolos yaa wkwkw.. Kan umur aku 19 on going to be 20 beberapa bulan lagi haduewhhhh.. Gak apa-apalah.. Reviewnya bikin aku pengen ngeliat baby D lucunya kayak apa serta ilmu ttg kedokteran gtu karna itu impian aku dari dulu tapi gak kesampaian wkwkw😩😩😆😆

    BalasHapus