Minggu, 08 April 2018

Review Novel Miss Complicated Designer - Citra Novy

Miss Complicated Designer


Hari ini aku akan melanjutkan review-ku masih di series yang sama, yaitu Lovession (Love and Profession) Series. Miss Complicated Designer adalah series kedua yang aku punya dari Lovession Series ini. Sisanya aku belum punya sih. Kira-kira ada yang berminat buat kasih ke aku sisanya? Lol. 

Yuk kita intip dulu garis besar novel ini.

Judul : Miss Complicated Designer
Penulis : Citra Novy
Penerbit : PT Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo)
Jumlah Halaman : vi + 234 hlm
Cetakan Pertama, Juli 2017

Blurb :

Han Yeon-Joo
Desainer gaun pengantin yang belum bisa melupakan seorang pria dari masa lalunya. Pria dengan bahu lebar 48 sentimeter. Bahu tempatnya berlindung dari kericuhan hidupnya, tempat bersembunyi ketika dunia sedang tidak bersahabat, dan tempat beristirahat saat ia sudah merasa lelah. Kini, pria itu hadir lagi dalam hidupnya dan memaksanya untuk berkata, "Saat itu, saat pertama kali menemukanmu berdiri di hadapanku. Dengan bahu lebar yang tak sengaja kuusap, aku memutuskan untuk jatuh cinta dan tidak berniat melupakanmu."

Park Jung-Hoo
CEO Calee Magazine yang belum bisa melupakan seorang wanita dari masa lalunya. Gadis yang tentu tidak bisa ia temukan dari sekumpulan gadis cantik model majalahnya, gadis dengan tinggi 165 sentimeter. Memudahkannya untum mendekap saat gadis itu menangis, memudahkannya untuk mengecup kening saat gadis itu kesal, memudahkannya membisikkan gurauan saat gadis itu merajuk. Kini, gadis itu hadir lagi dalam hidupnya dan memaksanya untuk berkata, "Saat itu, saat pertama kali menemukanmu berdiri di hadapanku. Dengan tinggimu yang berada tepat di bawah daguku, aku memutuskan untuk jatuh cinta padamu."

⚜⚜⚜⚜⚜


Gimana gengs setelah baca blurb-nya? Kamu sudah mulai penasaran? Sejujurnya, persepsiku sebelum dan sesudah membaca novel ini, blurb-nya jadi berbeda. Seperti biasa, dengan tingkat kesoh-tahu-an aku sebagai pembaca, setelah membaca blurb-nya segera membayangkan alur ceritanya akan seperti apa. Tapi sejak mulai membaca novel ini (tentunya setelah melewati bagian prolog), ternyata alurnya sedikit berbeda dengan yang aku bayangkan.

Aku pernah melepaskanmu satu kali dan aku hampir mati, jadi kali ini tidak akan lagi.
Tagline novel ini sudah memberikan sedikit bayangan belum untuk kamu? Nih, aku kasih intip sedikit lagi. 

"Aku tidak bisa melanjutkan hubungan ini. Aku merasa... hubungan kita harus berakhir."
Jeng Jeng Jeng. Zoom in Zoom out ala sinetron. Bersambung..
Gak ding, aku bercanda. Maaf yah, aku kebanyakan nonton sinetron waktu dulu. Baru beberapa tahun ini sudah berkurang, tapi nontonnya serial India. Ehh.. 

Pada bagian awal kisah Yeon Joo dan Jung Hoo dikisahkan ternyata mereka berdua dahulu adalah sepasang kekasih. Hingga akhirnya Yeon Joo, tiba-tiba mengakhiri hubungannya dengan Jung Hoo dengan alasan yang menurut Jung Hoo tidak masuk akal. Karena gosip yang beredar di media massa yang mengatakan Jung Hoo penyuka sesama jenis. Padahal dua minggu yang lalu, waktu berita itu muncul, Yeon Joo justru tertawa karena berita konyol itu. Akibatnya, Jung Hoo jadi berpikiran bahwa apa yang Yeon Joo itu katakan adalah benar dan enggan untuk mencari wanita lain. Tapi sesungguhnya, secara tidak sadar rasa cintanya pada Yeon Joo yang membuat Jung Hoo enggan membuka hati pada wanita lain. 

Ia terlalu kecewa, pada hidupnya dan pada dirinya sendiri. (hlm 11)

Di satu sisi, Yeon Joo sendiri tidaklah bahagia. Dengan alasan yang enggan ia ungkapkan pada Jung Hoo, Yeon Joo memilih mengakhiri hubungannya dengan Jung Hoo. Sama dengan Jung Hoo, ia sama menderitanya, bahkan lebih. Dikejar hutang yang ditinggalkan ayahnya yang meninggal ditambah ibunya juga meninggal tidak lama setelah sang ayah meninggal. Tiba-tiba saja sekarang muncul Nam Tae Won dan Han Tae-Oh. Kehadiran dua orang ini, bagaikan petir tambahan yang menyambar Yeon Joo. Rasanya memang kesialan bertubi menimpa hidup Yeon Joo. Kira-kira siapakah kedua orang itu? Akankah memberikan tamabahan beban hidup Yeon Joo atau justru akan memberikan kebahagiaan pada Yeon Joo?

Hingga pada akhirnya, Yeon Joo dan Jung Hoo bertemu kembali setelah berpisah selama dua tahun dengan alasan pekerjaan. Ternyata mereka berdua masih mengingat kenangan mereka satu sama lain, namun Yeon Joo selalu memilih untuk meghindar. Bisa dibilang, itulah penyebab konflik hubungan antara Yeon Joo dan Jung Hoo. Konflik mereka tidak hanya Yeon Joo yang selalu menghindar dari Jung Hoo, akan tetapi ada Hye Ra, ibu Jung Hoo dan ada Kwon Min juga meramaikan konflik hubungan mereka berdua. 


Setting tempat masih sama dengan Lovession Series sebelumnya yang aku baca, masih berada di Korea. Setting waktunya juga detail. Prolog pada Miss Complicated Designer sama dengan Miss Irresistible Stylist, aku tidak tahu sih dengan yang lainnya. Tapi rasanya prolog ini, lebih cocok untuk Miss Irresistible Stylist. 

Novel ini masih berbau fashion tapi di bidang baju pengantin dan hanya diberikan sedikit gambaran besar saja mengenai dunia baju pengantin. Alur bergerak maju mundur. Konfliknya terbilang cukup banyak, sayangnya menurutku cerita ini masih bisa dikembangkan lebih panjang lagi pada konfliknya. Aku ingin ada pembahasan mengenai ibu Jung Hoo, sepertinya akan lebih menarik. Akan tetapi kisah cinta Yeon Joo dan Jung Hoo ini rasanya manis sekali. Sweet banget cih kakak. Aku sampai dibuat senyum sendiri saat membaca manisnya kisah cinta mereka. 

Ada catatan kaki, yang sedikit menjelaskan bagian mengenai yang berbau fashion. 

Novel ini, aku belinya di Grobmart. Harga bisa kalian cek sendiri yah gengs. Aku rekomendasikan untuk 17+. 

Miss Complicated Designer, selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar