Sabtu, 14 April 2018

Review Oppa & I : Love Signs - Orizuka & Lia Indra Andriana

Oppa & I : Love Signs


Akhir pekan ini kamu habiskan waktu ke mana? Ke mall? Ke pantai? Berkumpul bersama sanak saudara? Malam Mingguan atau menghabiskan waktu me time di rumah dengan membaca buku? Aku kembali lagi dengan novel yang diterbitkan oleh Penerbit Haru. Novel yang akan aku bahas ini, termasuk dalam seri Oppa & I yang diangkat dari webseries di koreanupdates.com . Jadi seri ini terdiri dari tiga buku dan kebetulan novel yang kali ini akan aku bahas merupakan buku yang terakhir dari seri ini. Sebelum aku bahas lebih jauh, yuk mari kita lihat blurb novel ini. 

Judul : Oppa & I : Love Signs
Penulis : Orizuka & Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Jumlah Halaman : 220 hlm
Cetakan Pertama, Desember 2013

Blurb :

Jae In :
Oppa.
Apa yang sedang terjadi?
Kenapa hidupku jadi serumit ini?
Kenapa aku tak bisa memahami perasaanku sendiri?

Jae Kwon :
Jae In-a.
Oppa pernah bilang kan, kalau oppa akan selalu ada untukmu?
Jadi, kenapa kau harus menyimpannya sendiri?
Ada oppa di sini!

⚜⚜⚜⚜⚜

"Jatuh cinta itu seperti apa?"
"Kadang cinta tidak perlu alasan, atau kau saja yang belum menyadarinya." (hlm 110) 

Apa yang akan kamu lakukan jika kamu ditempatkan pada posisi Jae In, seorang gadis biasa yang tiba-tiba terlibat dalam sebuah skandal dengan seorang aktor yang sedang naik daun-Seung Won yang mendapat gelar national little brother. Bersorak gembira dan lompat kegirangan? Atau terima saja agar kamu bisa ikut terkenal? Atau justru terkejoedh dan tak tahu harus berbuat apa? 

Ditambah, skandalnya ini seperti tercyduk henpong jadoel, meskipun kenyataanya tidak seperti yang diberitakan. Selain itu, foto yang diunggah terjadi sekitar satu tahun yang lalu. 

Kamu tahu kan bagaimana reaksi netizen jika lihat skandal seperti itu? Kalau yang dilihat dari drama Korea sih, cukup menyeramkan yah karena beberapa fans fanatiknya pasti tidak terima idola mereka memiliki pasangan. Kenapa aku bilang di Korea? Karena novelini bersetting-kan di Korea dan hampir seluruh tokoh di dalamnya adalah Korea, kecuali ibu dari Jae In dan Jae Kwon yang merupakan orang Indonesia. Tapi tetap penulis masih membawa sedikit unsur Indonesia di dalamnya, misalnya buah durian. 


Secara garis besar, kisah ini terdengar umum lah kalau menurutku. Tapi tetap menurutku, jika penulis mampu menyampaikannya dengan baik, maka kisah seperti ini tidak akan membosankan. Kisahnya manis dan konflik di dalamnya tidak hanya soal percintaan. Tetapi juga menunjukkan nilai persaudaraan, persahabatan dan nilai keluarga yang sesungguhnya yang ingin dimiliki oleh setiap orang. 

Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga. Alur bergerak maju. Kisahnya manis, bukan hanya dari segi pria dan wanita namun dari kakak dan adiknya. Karakter juga dibuat menarik, seperti sang kakek yang selalu memabaca dongeng untuk Jae In dan Jae Kwon tentang kegigihan Hellen Keller dengan nada serius! Penulis menggambarkan karakter dengan menarik menurutku untuk setiap tokoh di dalamnya. 

Meskipun aku tidak membaca keseluruhan seri dari novel ini, aku masih bisa menikmatinya secara terpisah. Hanya ssaja setelah membaca novel ini, aku dibuat penasaran bagaimana kisah di dua buku sebelumnya. Mungkin di antara kalian ada yang berminat untuk menyumbangkannya untuk aku? Hehheheh.. 

Novel ini aku rekomendasikan untuk remaja, kisahnya manis, semanis senyumku yang gak berlebihan manisnya. *plak.
Aku beli novel ini di shoppee nya Penerbit Haru. Untuk harga kalian bisa cek sendiri yah.
Oppa & I : Love Signs, selesai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar